Penelitian: Sarapan Dengan Es Krim Bisa Menambah Kecerdasan

DokterSehat.Com – Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Professor Yoshihiko Koga yang berasal dari Kyorin University di Tokyo bisa menjadi inspirasi bagi kita yang ingin mengkonsumsi sarapan dengan cara yang nikmat namun sehat. Berdasarkan penelitian yang Ia lakukan, Professor Koga menyebutkan jika mereka yang mengkonsumsi es krim saat sarapan akan cenderung memiliki reaksi yang lebih cepat saat memproses informasi. Bahkan, beliau menyebutkan jika sesendok es krim untuk sarapan sudah cukup untuk meningkatkan kinerja otak kita.

eskrim_doktersehat-1

Professor Koga meminta separuh partisipan di penelitian ini untuk mengkonsumsi tiga sendok penuh es krim saat mereka baru bangun tidur di pagi hari. Sementara itu, sisa partisipan lain tidak diminta untuk memakan apapun untuk sarapan. Kemudian, para partisipan ini diminta untuk menyelesaikan latihan mental menggunakan komputer. Hasilnya adalah, para partisipan yang mengkonsumsi es krim ternyata memiliki reaksi yang jauh lebih cepat dan lebih baik dalam memproses informasi jika dibandingkan dengan kelompok partisipan yang belum mengkonsumsi makanan apapun untuk sarapan.

Ukuran otak para partisipan juga diukur dalam penelitian ini. Profesor Koga menyebutkan jika ada peningkatan gelombang alfa, gelombang yang berkaitan dengan konsentrasi, relaksasi, dan koordinasi mental, pada kelompok partisipan yang diminta untuk mengkonsumsi es krim saat sarapan.

Professor Koga kemudian mencoba eksperimen yang sama namun kali ini dengan menggunakan air dingin. Sayangnya, kelompok partisipan yang meminum air dingin ini tidak memberikan dampak peningkatan kinerja otak yang setara dengan saat para partisipan mengkonsumsi es krim. Meskipun memang mereka mengalami peningkatan performa mental dan kewaspadaan.

Dengan adanya hasil penelitian ini, sepertinya kita mendapatkan solusi agar kinerja otak kita membaik saat harus melakukan ujian atau melakukan pekerjaan yang cukup berat, yakni dengan mengkonsumsi sarapan es krim di pagi hari.