Penelitian: Resiko Stroke Meningkat Pada Kehamilan di Wanita Berusia Muda

DokterSehat.Com – Kita tentu kerap mendengar saran dari dokter bagi wanita agar tidak hamil di usia yang tua mengingat adanya resiko terkena stroke. Namun, penelitian yang baru saja dipublikasikan dalam Journal of the American Medical Association (JAMA) hari senin, 24 Oktober 2016 kemarin justru menunjukan hal yang berbeda dimana kehamilan di usia wanita yang terlalu muda-lah yang meningkatkan resiko terkena stroke.

doktersehat-sakit-pusing-hamil-eklamsia

Penelitian-penelitian sebelumnya dilakukan dengan mempelajari rasio stroke pada sekelompok wanita hamil dengan usia yang berbeda-beda, dan menemukan fakta dimana stroke cukup sering terjadi pada wanita hamil dengan usia lebih tua. Hanya saja, penelitian-penelitian tersebut tidak melibatkan wanita yang tidak hamil dengan kelompok usia yang setara sebagai pembanding.

Pakar kesehatan Eliza Miller dari Columbia University menyebutkan jika penelitian terbaru justru menunjukkan fakta bahwa stroke memang cukup jarang ditemui pada wanita yang lebih muda, namun, 18 persen dari stroke yang muncul dari wanita berusia lebih muda dari 35 tahun ternyata berkaitan dengan kehamilan. Sebaliknya, wanita yang lebih tua dari usia tersebut hanya mengalami 1,4 persen kasus stroke yang berkaitan dengan kehamilan.

Penelitian ini sendiri dilakukan dengan mempelajari data wanita yang harus dirawat di rumah sakit akibat stroke di Negara bagian New York dari tahun 2003 hingga tahun 2012. Dari data tersebut, diketahui bahwa lebih dari 19 ribu wanita terkena stroke dalam satu decade dan lebih dari 4 persen ternyata adalah wanita hamil atau sudah melahirkan bayi dengan usia enam minggu.

Wanita berusia 24 tahun atau lebih muda ternyata memiliki resiko dua kali lebih besar terkena stroke selama masa kehamilan dan enam minggu setelah kelahiran dengan rasio 14 kasus stroke per 100 ribu wanita dibandingkan dengan mereka yang tidak hamil (6 kasus stroke dari 100 ribu wanita). Sementara itu, wanita dengan usia 24 hingga 34 tahun, memiliki rasio 21,2 kasus stroke per 100 ribu wanita, berbanding 13,5 per 100 ribu wanita yang tidak hamil. Wanita dengan usia 35 hingga 44 tahun bisa mendapatkan rasio stroke 33 dari 100 ribu namun hampir setara dengan rasio stroke wanita yang tidak hamil, yakni 31 per 100 ribu. Sementara itu, pada usia 45 hingga 55 tahun, rasio perbandingan wanita hamil dan wanita tidak hamil untuk terkena stroke ternyata sama, yakni 47 kasus dibandingkan 100 ribu wanita.

Baca Juga:  Pengertian Dan Penanganan Masturbasi Infantil (Masturbasi pada Anak)

Dengan adanya fakta ini, kehamilan di usia yang lebih muda ternyata memiliki rasio lebih tinggi untuk terkena stroke sehingga mereka tentu harus lebih baik dalam menjaga kesehatan tubuh dan tetap menerapkan gaya hidup sehat.