Penelitian: Olahraga Malam Lebih Baik Bagi Kesehatan Jika Dibandingkan Dengan Olahraga Pagi

DokterSehat.Com – Karena banyaknya kesibukan di hari kerja, banyak orang yang memilih untuk melakukan olahraga di akhir pekan agar bisa menjaga kesehatannya. Sayangnya, tidak semua orang memiliki semangat untuk melakukan olahraga di akhir pekan karena badannya sudah sangat lelah dan ingin beristirahat. Karena alasan inilah banyak orang yang memilih untuk melakukan olahraga di malam hari. Memang dengan berolahraga di malam hari, kita tidak bisa mendapatkan paparan sinar matahari yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Namun, penelitian terbaru yang dirilis oleh National Sleep Foundation menyebutkan jika ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan jika melakukan olahraga di malam hari yang tidak akan didapatkan jika melakukan olahraga pagi. Apa sajakah keuntungan tersebut?

doktersehat-olahrag-yoga-sehat

Membantu mendapatkan kualitas tidur
Penelitian ini menunjukkan fakta bahwa dengan berolahraga di malam hari, kita akan membuat tidur menjadi jauh lebih nyenyak dan saat terbangun, badan kita akan terasa jauh lebih sehat dan lebih bugar. Saat berolahraga, kita akan secara efektif membakar kalori dengan lebih banyak di malam hari jika dibandingkan di pagi hari.

Membantu pembentukan otot
Pakar kesehatan menyebutkan jika tingginya kadar kortisol di pagi hari ternyata bisa menghambat pembentukan otot, sesuatu yang tidak akan terjadi andai kita berolahraga di malam hari. Alhasil, berolahraga di malam hari akan membuat otot menjadi lebih kuat dan kita pun terasa lebih bugar untuk melakukan berbagai kesibukan harian.

Memberikan banyak manfaat bagi tubuh
Pakar kesehatan berkata jika ada hasil penelitian yang dilakukan oleh The New England University of Birmingham yang menunjukkan fakta bahwa berolahraga di malam hari akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh dengan lebih cepat. Selain terbentuknya otot, kekuatan tubuh pun akan menjadi lebih baik dan mereka akan tidak mudah jatuh sakit.

Baca Juga:  Air Kelapa untuk Ibu Hamil, Bolehkah?

Menjaga tekanan darah
Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Strength Conditioning Research menunjukkan bahwa dengan rutin berolahraga di malam hari, tekanan darah seseorang akan cenderung lebih rendah 15 persen sehingga mereka pun akan lebih baik dalam menjaga kesehatan jantung.