Penelitian: Oat Memang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat di Dalam Darah

DokterSehat.Com – Salah satu makanan yang dianggap sangat baik untuk dikonsumsi saat sarapan pagi adalah oat. Oat yang terbuat dari gandum dikenal luas bisa membuat kita kenyang, menyediakan energi bagi aktivitas seharian, dan bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam darah. Hal ini berarti, oat memang sangat baik bagi kesehatan organ kardiovaskular di dalam tubuh layaknya jantung atau pembuluh darah.

doktersehat-yoghurt-breakfast-jantung-oatmeal

Fakta tentang kebaikan oat ini diungkapkan oleh pakar kesehatan yang melakukan penelitian di St. Michael’s Hopital di Toronto, Kanada. Para peneliti ini mengamati 58 hasil studi klinis yang setidaknya melibatkan 4 ribu responden dan difokuskan pada kadar LDL atau kolesterol jahat di dalam tubuh. Hasilnya adalah, oat memang sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan organ kardiovaskular.

Dari penelitian ini, diketahui bahwa oat akan secara efektif menurunkan tiga hal di dalam darah, yakni kadar kolesterol jahat atau LDL, kadar kolesterol non HDLm dan juga apolioprotein B atau apoB yang merupakan lipoprotein yang ikut membawa kolesterol jahat di dalam darah. Dengan semakin menurunnya kadar kolesterol jahat sekaligus lipoprotein pembawa kolesterol jahat tersebut, pembuluh darah pun akan semakin sehat dan menurunkan resiko terkena plak yang bisa memicu berbagai masalah kesehatan layaknya penyumbatan aliran darah yang sangat berbahaya.

Dengan rutin melakukan konsumsi oat yang setara dengan 3,5 gram serat beta glutan setiap hari, maka kita akan mampu menurunkan kolesterol jahat hingga 4,2 persen, kolesterol non HDL hingga 4,8 persen, dan kadar apB hingga 2,3 persen. Secara umum, kadar kolesterol total yang bisa diturunkan bisa mencapai 23 persen. 3 gram serat beta glutan sendiri bisa didapatkan dari semangkuk oat yang akan sangat cocok untuk dikonsumsi saat sarapan.