Penelitian: Minyak Jagung Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

DokterSehat.Com – Untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya dalam menghindari berbagai penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung, serangan stroke, kanker, hingga kolesterol tinggi, kita tentu harus mengkonsumsi makanan sehat dengan kadar gizi seimbang setiap harinya. Selain dengan memperhatikan makanan apa yang dikonsumsi, pengolahan makanan juga menjadi hal yang sebaiknya kita perhatikan. Banyak orang yang memilih untuk memakai minyak zaitun yang memang kaya akan berbagai nutrisi dan antioksidan untuk mengolah makanan agar menjadi lebih sehat. Namun, sayangnya minyak ini cenderung mahal dan tentu tidak bisa didapatkan oleh sebagian besar orang. Beruntung, penelitian terbaru menunjukkan jika ada minyak lain yang sehat, yakni minyak jagung.

doktersehat-minyak-kelapa

Penelitian yang dilakukan oleh Midwest Biomedical Research yang ada di Kansas, Amerika Serikat, menyebutkan jika minyak jagung kaya akan berbagai nutrisi dan vitamin. Minyak ini ternyata juga termasuk dalam minyak yang rendah lemak. Yang menarik dari kebaikan minyak jagung adalah kemampuannya untuk menurunkan resiko terkena kolesterol tinggi dan mencegah penyakit jantung yang lebih baik jika dibandingkan dengan minyak lainnya.

Kandungan nutrisi pada minyak jagung ternyata mampu menekan Low-Density Lipoprotein (LDL) yang kerap kita sebut sebagai kolesterol jahat, dan menggantinya menjadi asam lemak tak jenuh dengan rantai ganda. Hal ini berarti, rasio LDL dan HDL atau lemak baik dalam tubuh akan semakin membaik sehingga kadar kolesterol dalam tubuh justru menjadi lebih sehat. Pakar kesehatan menyebutkan jika konsumsi minyak ini dengan rutin bisa menurunkan resiko terkena kolesterol tinggi hingga 38 persen. Selain menurunkan resiko kolesterol tinggi, penyakit ini juga mampu menurunkan resiko terkena diabetes dan penyakit kanker.

Penelitian yang dipublikasikan hasilnya di European Journal of Clinical Nutrition ini juga cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan harga minyak zaitun sehingga akan lebih mudah didapatkan oleh banyak orang. Hal ini berarti, jika kita ingin mendapatkan makanan yang sehat, kita bisa memilih minyak jantung sebagai salah satu bahan pengolahan makanan kita setiap hari.