Penelitian: Lemak Ternyata Menjadi Sumber Energi Utama Dari Sel Kanker Otak

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan berpikir jika gula adalah bahan makanan yang menjadi sumber energi utama dari sel tumor otak selama berpuluh-puluh tahun. Namun, sebuah penelitian terbaru justru menunjukkan sebuah fakta yag berbeda dimana sel kanker ternyata membutuhkan lemak untuk dapat berkembang dan hidup. Adanya penemuan ini diharapkan bisa memicu adanya perubahan dalam penanganan sel kanker dimana kita mungkin bisa mendapatkan obat atau cara terbaru dalam mencegah semakin parahnya penyakit kanker.

doktersehat-daging-panggang-meat-sapi-karbohidrat-lemak-kentang-hipertensi

Pakar kesehatan yang melakukan sebuah penelitian yang dirilis oleh jurnal Neuro-Oncology, dr. Elizabeth Stoll, menyebutkan jika sebenarnya pakar kesehatan mengetahui jika sel kanker otak membutuhkan lemak sebagai bahan bakar utamanya. Namun, kebanyakan pakar berpikir jika kasus kanker otak ini berbeda dari jenis kanker lainnya, padahal, dalam realitanya kanker ini sama saja dalam memakai lemak sebagai sumber energi utamanya. Penelitian terbaru tentang kanker dan lemak dilakukan pada otak tikus percobaan dimana tikus diberi semacam obat yang mampu mencegah sel mengkonsomsi lemak yang disebut dengan etomoxir. Yang menarik adalah, pada tubuh tikus cenderung mengalami perlambatan pertumbuhan kanker. Karena alasan inilah, dr. Stoll berpikir jika konsumsi etomoxir mungkin mampu menghambat pertumbuhan kanker hingga 17 persen.

Dr. Stoll yang berasal dari Newcastle University Institute of Neuroscience kemudian berkata jika hampir selama 60 tahun dunia kesehatan telah salah mengerti dalam memahami gula sebagai sumber energi dari tumor. Padahal, kankerlah yang seharusnya menjadi perhatian utama jika kita ingin menghambat pertumbuhan sel kanker yang bisa menjadi semakin mematikan jika dibiarkan ini. Diharapkan, hasil penelitian ini bisa membuka wawasan banyak pakar kesehatan untuk bisa mendapatkan kemajuan dalam pengobatan penyakit mematikan ini.