Penelitian: Konsumsi Minyak Ikan Saat Hamil Ternyata Tidak Membuat Bayi Cerdas

DokterSehat.Com – Salah satu suplemen yang cukup banyak dikonsumsi oleh ibu hamil adalah minyak ikan. Dengan mengkonsumsinya, ibu hamil percaya bahwa buah hatinya nanti akan tumbuh menjadi anak yang cerdas. Namun, sebuah penelitian terbaru justru menunjukkan fakta sebaliknya dimana konsumsi minyak ikan ternyata tidak akan meningkatkan perkembangan otak bayi dengan signifikan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-obat-minyak-ikan

Penelitian yang dilakukan dengan melibatkan 2.500 ibu hamil selama 10 tahun ini berhasil membuktikan bahwa minyak ikan yang kerap dijual sebagai suplemen tambahan yang kerap dikonsumsi pada fase awal kehamilan ini ternyata tidak memberikan efek positif bagi kecerdasan bayi di dalam kandungan. Penelitian yang dilakukan di South Australian Health and Medical Research Institute, Australia, ini bahkan menunjukkan bahwa kemungkinan kecil minyak ikan ini mampu memperpanjang masa kehamilan.

Salah seorang peneliti yang terlibat, dr. Jacqueline Gould, menyebutkan bahwa ibu hamil sebenarnya hanya membutuhkan diet yang sehat dengan kadar gizi yang seimbang setiap harinya agar perkembangan otak bayi di dalam kandungan bisa maksimal. Minyak ikan sendiri sebenarnya tidak memberikan efek yang signifikan pada perkembangan otak tersebut.

Dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Journal of the American Medical Association ini, ibu hamil selalu diperiksa secara rutin hingga melahirkan. Setelah itu, anak-anak yang dilahirkan juga terus dipantau kondisi perkembangannya hingga usianya 7 tahun. Hasilnya adalah, para ibu hamil yang rutin mengkonsumsi suplemen minyak ikan asam omega-3 dan DHA dengan dosis 800 mg ternyata tidak memberikan pengaruh besar pada kecerdasan anak.

Gould menyebutkan bahwa selama ini produsen dari suplemen tersebut mengklaim bahwa produk ini bisa membuat anak semakin cerdas sehingga produknya dianggap wajib untuk dikonsumsi ibu hamil. Padahal, dalam realitanya hal ini tidak perlu dilakukan. Menurut beliau, ibu hamil hanya perlu menjaga asupan hariannya tetap bergizi dan sehat untuk mendapatkan anak yang tumbuh dengan cerdas.