Penelitian: Istri yang Bekerja Bisa Membuat Suaminya Lebih Sehat

DokterSehat.Com – Emansipasi wanita di jaman modern membuat banyak dari mereka yang memilih untuk menjalani dunia karir alih-alih menjadi wanita rumah tangga setelah menikah. Meskipun sebagian masyarakat menganggap wanita seharusnya lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah bersama dengan keluarga, dalam realitanya, banyak wanita yang juga ingin mendapatkan kehidupan di tempat kerja dan mendapatkan prestasi pada karirnya. Ada sebuah fakta menarik tentang wanita yang bekerja dimana selain bisa membantu perekonomian keluarga, pakar kesehatan menyebutkan jika wanita yang bekerja juga bisa membuat suaminya cenderung lebih sehat.

doktersehat-duduk-lama-kantor-kerja-resiko-diabetes

Sebuah penelitian yang dilaporkan pada acara tahunan American Sociological Association dilakukan pada rentang tahun 2007 hingga 2011 dengan melibatkan setidaknya sembilan ribu partisipan. Dari penelitian ini, pakar kesehatan meneliti kaitan antara kesehatan tubuh seseorang dengan ketergantungan pada kondisi perekonomian. Hasilnya adalah, para suami yang menjadi tulang punggung tunggal bagi kondisi perekonomian keluarga ternyata cenderung memiliki kondisi kesehatan yang cukup buruk. Jika dibandingkan dengan suami yang memiliki istri yang juga bekerja, pria yang menjadi tulang punggung tunggal perokonomian keluarga memiliki tingkat kesehatan lima persen lebih rendah. Yang menarik adalah, bagi kaum wanita yang ikut bekerja membantu perekonomian keluarga, mereka justru akan memiliki perasaan lebih baik dan kesehatan kejiwaan yang lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang hanya menjadi ibu rumah tangga saja.

Pakar kesehatan Christin Munsch dari University of Connecticut menyebutkan jika pria yang menjadi tulang punggung tunggal ekonomi memiliki tekanan dan merasakan tuntutan yang lebih besar sebagai pemberi nafkah sehingga akan merasa terbebani dan beresiko terkena stress. Sementara itu, wanita justru menganggap karir sebagai sebuah pilihan hidup atau kesempatan yang bisa mereka pilih atau tinggalkan begitu saja. Dengan bekerja, wanita justru akan merasa lebih bangga dan merasa lebih berguna.

Baca Juga:  Virus Zika Juga Bisa Membuat Bayi Menjadi Tuli

Jika suami dan istri sama-sama bekerja namun bisa saling membantu dalam kehidupan rumah tangga, maka pria pun akan mengalami peningkatan kesehatan mental sehingga akan membantu kesehatan fisiknya menjadi jauh lebih sehat.