Penelitian: Bir Bisa Mengatasi Sakit Kepala

DokterSehat.Com– Apa yang akan kita lakukan jika sakit kepala melanda? Kebanyakan orang akan segera meminum aspirin untuk mengatasinya. Jika kita membiarkan sakit kepala ini, kita tentu akan kesulitan untuk menyelesaikan berbagai macam aktifitas, bukan? Hanya saja, bagaimana jika kita tidak memiliki aspirin atau obat sakit kepala sama sekali? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kita bisa menggunakan bir untuk mengatasi sakit kepala ini.

doktersehat-vertigo-pusing-penyakit-kepala-berputar-demensia

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Greenwich menyebutkan fakta menarik dimana jika kita meminum dua liter bir, maka kita bisa mengatasi masalah sakit kepala ini dengan cepat. Meskipun terlihat tidak masuk akal, para peneliti menyebutkan bahwa dengan meminum bir ini, maka kadar alkohol di dalam darah justru akan meningkat hingga 0,08 persen dan tubuh pun akan meresponnya dengan menurunkan rasa nyeri, khususnya yang ada pada kepala.

Alkohol ternyata termasuk dalam analegsik yang cukup efektif dalam mengatasi rasa nyeri. Penelitian ini juga menjelaskan mengapa banyak orang yang merasa sakit atau depresi akhirnya mengalami kecanduan alkohol karena merasa jika minuman ini mampu mengatasi rasa tidak nyaman pada tubuhnya. Dr. Trevor Thompson, pemimpin penelitian ini, menduga bahwa kandungan di dalam alkohol layaknya bir sepertinya mampu mempengaruhi reseptor otak. Menurut beliau, konsumsi alkohol ini bisa memberikan efek layaknya obat opioid dan bahkan mampu memberikan manfaat lebih besar daripada parasetamol.

Meskipun bir bisa mengatasi sakit kepala, pakar kesehatan tetap saja tidak merekomendasikan minuman beralkohol ini untuk dikonsumsi secara terus-menerus. Jika kita ingin mengobati sakit kepala, maka ada baiknya kita mengkonsumsi obat atau memeriksakan kondisi ini ke dokter. Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dalam jangka panjang, maka dikhawatirkan kita justru akan mendapatkan berbagai masalah kesehatan.