Penelitian Berhasil Menemukan Rasa Air Putih

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang akan menganggap air putih tidak memiliki rasa sama sekali atau hambar meskipun memang bisa memberikan sensasi menyegarkan dan menghilangkan dahaga saat diminum. Namun, belakangan ini sebuah penelitian justru berhasil menemukan rasa dari air putih. Seperti apakah rasa tersebut?

doktersehat-air-es-menganggu-pencernaan

Adalah tim peneliti yang berasal dari Caltech University di California, Amerika Serikat, yang berhasil menemukan rasa dari air putih. Dalam penelitian ini, diketahui bahwa rasa air putih yang kita minum ternyata adalah rasa asam. Fakta ini didapatkan setelah para ilmuwan memantau tikus laboratorium yang merasakan air minum. Dalam lidah tikus laboratorium ini, diketahui bahwa sensor rasa yang terstimulasi saat minum air adalah rasa asam.

Penelitian yang hasilnya dipublikasikan pada media The Independent pada hari Rabu, 7 Juni 2017 lalu ini menghasilkan fakta menarik dimana rasa air putih ini bisa dianggap sebagai rasa lain yang bisa kita kecap selain rasa asam, manis, asin, pahit, dan rasa umami atau gurih yang juga baru saja ditemukan.

Yuki Oka, salah seorang professor biologi kenamaan, menyebutkan jika tanpa kita sadari, kita sebenarnya mampu mengecap rasa pada air yang kita minum. Bahkan, lidah juga mampu mendeteksi beberapa nutrisi kunci atau yang disebut sebagai tastant layaknya sodium, sugar atau gula, dan asam amino, meskipun hal tersebut tersembunyi di balik rasa.

Demi memastikan bahwa rasa air putih adalah rasa asam, para ilmuwan pun memakai teknik optogenetics dengan tujuan menstimulasi sel asam dengan cahaya, bukannya air. Air minum yang sebelumnya digunakan sebagai asupan tikus percobaan pun kemudian diganti dengan cahaya biru tersebut. Yang menarik adalah, saat tikus-tikus ini kehausan, tikus ini memasuki cahaya yang direkayasa agar bisa terasa layaknya sensasi asam pada air dan mereka akan terus menjilati sumber cahaya tersebut karena inderanya berpikir bahwa cahaya tersebut adalah air meskipun tidak akan membuat tubuh mereka terhidrasi.