Penelitian Berhasil Menemukan Penyebab Lepasnya Tali Sepatu Saat Berolahraga

DokterSehat.Com– Saat kita melakukan olahraga, kadang kala kita terganggu dengan lepasnya tali sepatu yang tentu membuat kita harus berhenti sejenak untuk membetulkannya. Jika tali sepatu yang lepas ini dibiarkan, dikhawatirkan kita bisa terjatuh dan mengalami cedera. Kita tentu sering merasa heran karena sebelumnya tali sepatu ini sudah diikat kencang-kencang namun tetap saja bisa lepas. Sebenarnya, apa alasan dari lepasnya tali sepatu ini saat berolahraga?

doktersehat-lari-hilangkan-stres

Ilmuwan bernama Oliver O’Reilly yang berasal dari University of California di Barkeley, Amerika Serikat, cukup penasaran dengan penyebab lepasnya tali sepatu saat kita melakukan latihan fisik. Ia pun menggunakan kamera dengan kecepatan tinggi yang diharapkan bisa merekam proses lepasnya tali sepatu saat kita melakukan olahraga. Kamera ini kemudian ia pasang dan merekam bagian sepatu yang digunakan oleh olahragawan yang sedang berlari di atas treadmill.

Dalam waktu yang lama, tali sepatu ini tidak mengalami masalah apapun dan sepertinya tidak akan terlepas karena memang sudah diikat dengan kencang. Namun, secara tiba-tiba, tali sepatu ini lepas begitu saja dalam waktu yang sangat cepat. O’Reilly sendiri cukup terkejut dengan hal ini dan berusaha untuk kembali melihat rekaman dari kamera tersebut dan menggunakan accelerometer, alat yang bisa mengukur gerakan.

Setelah diamati dengan seksama, O’Reilly berhasil menemukan bahwa tali sepatu ini bisa lepas saat kaki olahragawan ini bergerak karena ada gaya gravitasi dan gaya inersia yang sangat kuat pada ujung tali sepatu tersebut. Menurut O’Reilly, gaya yang muncul pada ujung tali saat seseorang berlari atau berjalan ini ternyata jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan gaya yang ada pada roller coaster yang sedang bergerak kencang sehingga bisa menyebabkan tali sepatu ini lepas dalam waktu yang sangat cepat.

Baca Juga:  Jangan Berolahraga Terlebih Dahulu Jika Tubuh Merasakan Hal Berikut Ini

Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah hal ini? O’Reilly menyarankan kita untuk menggunakan teknik menalikan sepatu yang lebih kuat agar tidak mudah lepas saat kita berolahraga.