Penelitian: ATM Bisa Menularkan Bakteri Pada Tubuh Manusia

DokterSehat.Com – Benda-benda yang kerap disentuh oleh banyak orang memang bisa memicu penyebaran bakteri dengan cukup cepat. Sebagai contoh, tahun lalu ada sebuah penelitian yang berasal dari Inggris yang menyebutkan jika gagang pintu di rumah sakit atau ruang dokter sebagai tempat yang memiliki banyak sekali kuman dan virus. Belakangan ini, ada sebuah penelitian lain yang dilakukan di New York, Amerika Serikat, yang menyebutkan jika ATM ternyata juga menjadi sarang berbagai kuman dan bakteri sehingga kita harus berhati-hati andai menggunakannya.

doktersehat-atm-kuman-bakteri

Penelitian yang dilakukan di 66 buah ATM di berbagai tempat di kawasan kota New York layaknya Manhattan, Brooklyn, dan Queens, ini menyebutkan jika ATM adalah tempat yang paling banyak menyimpan bakteri dan virus dengan jumlah yang setara pada bakteri dan virus pada kamar mandi atau toilet. Pakar kesehatan Jane Carlton yang merupakan peneliti Ekologi dan Mikrobiologi Perkotaan yang berasal dari New York menyebutkan jika banyaknya orang yang memakai ATM dan memencet tombol keypad membuat tempat tersebut memiliki berbagai bakteri yang juga bisa ditemukan bahan makanan layaknya daging ayam, ikan, dan berbagai jenis makanan laut lainnya.

Menurut Carlton, sebagian besar bakteri dan virus pada ATM memang bisa ditemukan pada makanan karena ada kecenderungan masyarakat New York yang hobi makan, dimanapun tempatnya. Menurut beliau, hal ini justru menunjukkan fakta menarik dimana meskipun jumlahnya sangat banyak, mikroba-mikroba pada ATM cenderung tidak berbahaya, meskipun memang tidak boleh disepelekan.

Hanya saja, mengingat banyaknya orang yang memakai ATM dan memencet-mencet tombol keypad yang juga akan kita gunakan, ada baiknya memang kita harus berhati-hati dan segera mencuci tangan setelah menggunakannya. Apalagi jika setelah menggunakan ATM kita langsung membeli makanan. Dengan segera mencuci tangan, kita pun tidak perlu khawatir akan adanya bakteri atau virus yang bisa saja memicu masalah kesehatan.