Penelitian: Ada Kemungkinan Manusia Hidup Dengan Lebih Bahagia Ketika Pensiun

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berusaha sebisa mungkin bekerja dengan keras saat berada di usia produktif. Tujuannya? Selain untuk memenuhi kebutuhan keluarga, mereka berharap jika mereka bisa pensiun dalam kondisi yang nyaman tanpa kekurangan apapun. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika masa pensiun adalah masa dimana mereka yang biasanya sudah berusia lanjut bisa lebih menikmati kehidupannya. Yang menarik adalah, ada sebuah penelitian yang menyebutkan jika ada kemungkinan manusia hidup lebih bahagia ketika berada dalam masa pensiun.

doktersehat-couple-orang-tua-alzheimer-jalan-sehat

Sebuah penelitian dilakukan oleh Tim Olds dan beberapa pakar kesehatan lainnya yang berada di University of South Australia. Penelitian ini sendiri dirilis oleh jurnal Age and Ageing. Dari penelitian ini, ditemukan fakta menarik dimana waktu setahun setelah memulai masa pensiun penuh adalah masa yang paling utama untuk menikmati kegiatan sehari-hari. Tim Olds sendiri menyebutkan jika masa pensiun bisa membuat orang mengalami dua hal; kehilangan tujuan hidup dan bahkan kehilangan hubungan sosial, atau justru memberikan kesempatan untuk melakukan berbagai hal yang diinginkan sebelumnya.

Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 124 partisipan yang akan mendapatkan masa pensiun tiga atau enam bulan lagi. Rata-rata sebagian partisipan, baik itu pria maupun wanita sekitar 62 tahun. Olds dan peneliti lain meminta para partisipan untuk mengingat apa yang mereka lakukan selama 24 jam terakhir, baik itu aktifitas fisik, kegiatan sosial, perawatan diri sendiri, waktu bersantai, waktu menonton, melakukan pekerjaan dan tugas lainnya, memakai sarana transportasi, hingga waktu tidur. Semua kegiatan tersebut yang dilakukan setelah pensiun dibandingkan dengan yang dilakukan sebelum pensiun untuk diukur tingkat kenikmatannya.

Dari  data-data yang didapatkan, diketahui jika mereka yang berada dalam masa pensiun akan lebih mampu mengendalikan waktunya sehingga bisa melakukan berbagai kegiatan yang diinginkan. Hasilnya, mereka pun akan lebih menikmati setiap detail kegiatannya sehingga cenderung lebih berbahagia dari sebelumnya.