Sindrom Syok Toksik – Penegakan Diagnosis

Kapan saat yang tepat untuk pergi ke rumah sakit?

doktersehat-konsultasi-mulut-gigi

  • Anak-anak: Kunjungi dokter anak atau unit gawat darurat rumah sakit jika ia mengalami demam, ruam datar, tingkah laku yang aneh, tampak bingung, sesak napas, atau pingsan.
  • Dewasa: Jika demam hadir dengan beberapa gejala sindrom syok toksik, bersama dengan ruam merah datar, segera datangi unit gawat darurat rumah sakit untuk evaluasi. Jangan mengemudi sendiri, terutama jika orang tersebut merasa pusing atau bingung. Wanita yang sedang menstruasi dan menggunakan tampon harus segera melepaskan tamponnya sebelum pergi ke rumah sakit.

Penegakan diagnosis sindrom syok toksik
Tidak ada tes khusus ada untuk membantu mendiagnosis sindrom syok toksik. Di unit gawat darurat, dokter biasanya memulai pemeriksaan dengan menanyakan orang beberapa pertanyaan tentang gejala-gejala pasien selama beberapa hari terakhir. Tanda-tanda vital seperti laju pernapasan, denyut nadi, dan tekanan darah akan diperiksa. Jika dokter mencurigai Sindrom Syok Toksik didasarkan pada pemeriksaan fisik, beberapa prosedur lain akan dilakukan. Pasien akan dipasang monitor dan selang infus.

Jika dokter mencurigai Sindrom Syok Toksik, pemeriksaan berikut biasanya dilakukan:

  • Pemeriksaan darah untuk memeriksa jumlah darah, elektrolit, dan fungsi hati dan ginjal. Hitungan peningkatan sel darah putih, peningkatan enzim hati, elektrolit yang abnormal, dan fungsi ginjal yang abnormal mungkin konsisten dengan sindrom syok toksik.
  • Wanita akan menjalani pemeriksaan panggul.
  • Pemeriksaan rontgen dada dapat menemukan apakah ada kelainan atau tidak, seperti adanya cairan di paru-paru.
  • Elektrokardiogram (EKG), yang menelusuri aktivitas listrik jantung
  • Tes kemungkinan dilakukan untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit lain, seperti campak.

Perawatan Mandiri di rumah
Pasien TSS jangan dirawat di rumah; orang yang diduga Sindrom Syok Toksik harus segera dibawa ke unit gawat darurat rumah sakit. Wanita yang sedang menstruasi dan menggunakan tampon harus melepas tampon sebelum pergi ke rumah sakit jika diduga terjadi Sindrom Syok Toksik.