Keguguran – Penegakan Diagnosis (Pemeriksaan Laboratorium dan USG)

Penegakan diagnosis keguguran dapat dilakukan dengan pemeriksaan laboratorium dan USG.

doktersehat-hamil-tes-usg

Pemeriksaan laboratorium
Tes kehamilan dapat berupa tes urine atau tes darah. Namun jika Anda pergi ke rumah sakit dengan gejala yang mengkhawatirkan, Anda akan bertindak cepat untuk menentukan apakah Anda sedang hamil.

  • Pemeriksaan urin bersama dengan sampel darah akan dikirim ke laboratorium untuk diperiksa mengenai adanya anemia, golongan darah, dan tingkat hormon kehamilan. Hormon ini disebut human chorionic gonadotropin atau hCG.
    • hCG yang terlalu rendah mungkin menunjukkan bahwa adanya kehamilan tidak normal. Tidak ada angka untuk “normal.” Jumlah yang sangat rendah (di bawah 1.000) menunjukkan kehamilan normal, meskipun itu hanya bisa mencerminkan tahap awal kehamilan.
    • hCG dengan angka yang sangat tinggi (lebih dari 100.000) sangat menunjukkan kehamilan hidup normal. Kebanyakan angka hCG tidak banyak membantu tetapi dapat dibandingkan dengan pemeriksaan lain yang dilakukan dalam dua sampai tiga hari untuk melihat apakah janin berkembang secara normal.
  • Pemeriksaan darah lengkap dapat dilakukan dipesan. Jika pasien telah mengalami banyak pendarahan, pasien dapat anemia (kehilangan terlalu banyak darah) dan membutuhkan perawatan khusus. Jika pasien mengalami demam, sejumlah sel darah putih mungkin dapat menunjukkan apakah pasien mengalami infeksi atau tidak.
  • Jika pasien tidak tahu golongan darah, golongan darah juga akan diperiksa.
  • Jika pasien memiliki gejala infeksi saluran kemih, sampel urin akan diambil dan diperiksa.

USG
Jika seorang wanita hamil, USG dapat dilakukan untuk mencari bukti dari kehamilan dalam rahim. Jika dokter ahli radiologi, dokter kandungan, atau departemen darurat tidak dapat menemukan bukti dari kehamilan dalam rahim, pasien kemungkinan akan dievaluasi lebih lanjut untuk kehamilan di luar rahim. Ketika implan telur dibuahi di luar rahim, ini disebut kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim). Sebuah kehamilan ektopik tuba mengacu pada jenis kehamilan ektopik di mana kehamilan berkembang di dalam saluran telur.

  • Kandung kemih Anda harus penuh untuk pemeriksan ini, sehingga pasien harus minum banyak air
  • Teknisi akan menaruh beberapa jelly dingin di perut dan menekan perut ke bawah dengan probe untuk melihat organ internal. Teknisi USG juga dapat menggunakan probe vagina untuk masuk ke dalam vagina sehingga mendapatkan tampilan yang lebih baik untuk saluran telur dan ovarium. Tak satu pun dari pemeriksaan ini yang menyakitkan.