Kanker Pankreas – Penegakan Diagnosis: Pemeriksaan Fisik, USG, CT-Scan, MRI, PET-scan

Mencari pertolongan medis segera penting jika ada gejala kanker pankreas. Jika terjadi penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, atau jaundice (ikterik/ penyakit kuning) tetap ada walaupun telah ditangani secara medis, evaluasi lebih lanjut harus dilakukan.

doktersehat-kanker-pankreas

Pertanyaan untuk dokter
Seseorang yang telah didiagnosis dengan adenokarsinoma pankreas harus menanyakan pertanyaan berikut kepada dokter:

  • Di mana letak kanker saya?
  • Seberapa jauh penyebaran kanker ini?
  • Pilihan pengobatan apa yang saya punya?
  • Apa tujuan pengobatan secara keseluruhan dalam kasus saya?
  • Jika harapan terapi bukan untuk menyembuhkan kanker, kapan saya harus mempertimbangkan perawatan paliatif dan apa yang perlu saya ketahui tentang petunjuk awal?
  • Apa saja risiko dan efek samping dari pengobatan yang diusulkan?
  • Apakah saya memenuhi syarat untuk uji klinis? Bagaimana cara mencari tahu?

Penegakan diagnosis kanker pankreas
Pada pemeriksaan fisik, dokter mungkin merasakan massa di bagian tengah perut. Namun, kanker pankreas jarang didiagnosis dengan menggunakan pemeriksaan fisik, dan tidak adanya kelainan apapun seharusnya tidak menghalangi dokter untuk melakukan tes pencitraan jika gejala kanker pankreas hadir dan terus-menerus. Tes pencitraan utama yang digunakan untuk membantu mendeteksi kanker pankreas adalah sebagai berikut:

  • USG abdomen: Ini dapat menjadi pemeriksaan awal jika seseorang menderita nyeri perut dan jaundice. Tes ini efektif untuk mencari batu empedu, kondisi umum yang muncul dengan gejala serupa dengan kanker pankreas. Jika tumor pankreas terlihat pada ultrasound, CT scan masih diperlukan untuk mendapatkan lebih banyak informasi.
  • Computed tomografi (CT) abdomen: Ini adalah tes pilihan untuk membantu mendiagnosa kanker pankreas. CT scan dapat menemukan tumor kecil di pankreas yang mungkin terlewatkan oleh ultrasound. Selain itu, CT scan dapat secara akurat menunjukkan apakah massa telah melampaui pankreas dan hubungannya dengan pembuluh darah dan organ di dekatnya – informasi penting bagi ahli bedah yang merencanakan operasi untuk menyingkirkan kanker. Jika tumor pankreas dicurigai, maka CT scan khusus, yang disebut pemindaian protokol pankreas, lebih disukai sebelum operasi.
  • Tes lainnya meliputi MRI, positron emission tomography (PET scan), dan teknik endoskopi.
Kanker Pankreas – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10