Kanker Pankreas – Penegakan Diagnosis: Biopsi dan Kadar CA 19-9

Jika tumor terlihat di pankreas, dokter mungkin ingin melakukan biopsi sehingga ahli patologi dapat memastikan bahwa tumor tersebut adalah kanker. Biopsi dapat dilakukan dengan cara berikut:

doktersehat-Amnesia-Disosiatif-konsul

  • Biopsi perkutan: Ini mengacu pada biopsi yang dilakukan dengan memasukkan jarum melalui kulit ke dalam tubuh. Seorang ahli radiologi biasanya melakukan prosedur ini saat menggunakan pemindai ultrasound atau CT untuk memandu jarum ke dalam tumor. Prosedur ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit.
  • Biopsi endoskopik: Seorang ahli gastroenterologi melakukan prosedur ini dengan memasukkan tabung fleksibel dengan kamera di ujungnya (disebut endoskopi) melalui mulut, masuk ke lambung, lalu masuk ke duodenum. Dari sini, biopsi jarum dapat diperoleh dengan panduan dari ultrasound di ujung endoskopi. Seseorang dibius untuk prosedur ini, dan umumnya tidak menimbulkan rasa sakit.

Jika tumor terlihat di pankreas dan ada sedikit keraguan bahwa tumor itu kanker, ahli bedah mungkin memilih untuk mencoba mengeluarkan kanker sepenuhnya tanpa terlebih dahulu mendapatkan biopsi.

Begitu diagnosis kanker pankreas dikonfirmasi, pemeriksaan darah rutin juga dilakukan untuk menilai keseluruhan fungsi hati dan ginjal.

Selain itu, tes darah yang disebut CA 19-9 dapat dilakukan. CA 19-9 sering diproduksi oleh kanker pankreas, dan tingkatnya meningkat pada 80% kasus kanker pankreas. CA19-9 tidak dapat digunakan untuk menegakkan diagnosis kanker pankreas dengan sendirinya. Memeriksa tingkat CA 19-9 bisa menjadi ukuran yang berguna tentang bagaimana pengobatan bekerja. Setelah perawatan, dokter dapat memeriksa kadar CA 19-9 secara teratur pada pasien yang pada awalnya mendapatkan peningkatan kadar CA 19-9, kemudian turun, sebagai salah satu indikator apakah kanker telah kambuh setelah operasi atau merespon perawatan sebelumnya. Namun, CA 19-9 bukanlah tes mutlak untuk kanker pankreas, dan kondisi lainnya dapat menyebabkan kenaikan kadar CA 19-9. Demikian pula, kadar CA 19-9 normal atau tidak berubah bukanlah jaminan bahwa kanker tidak kambuh atau tidak berkembang.

Kanker Pankreas – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10