Fraktur Boxer – Penegakan Diagnosis

Pemeriksaan fisik dalam hubungannya dengan sinar-X sangat penting untuk benar mendiagnosis patah tulang ini. Temuan yang menyarankan perlunya sinar-X termasuk aktivitas yang meningkatkan risiko patah tulang, deformitas tangan, nyeri tekan, pembengkakan tangan, perubahan warna, penurunan kemampuan untuk menggerakkan tangan, mati rasa, suhu yang tidak sama antara tangan terluka dan tidak terluka, atau luka yang disebabkan oleh gigitan gigi saat meninju seseorang di mulut (mengakibatkan luka gigitan manusia).

doktersehat-tangan-terluka-injury-perban

Dokter akan menentukan apakah sinar-X cukup untuk mendiagnosis tersebut. Setelah dokter memperoleh informasi rinci tentang bagaimana tangan terluka, pemeriksaan fisik adalah langkah selanjutnya dalam evaluasi.

Pembengkakan dan perubahan warna biasanya terlihat pada fraktur dan berhubungan dengan kerusakan yang disebabkan oleh trauma langsung pada otot-otot tulang dan sekitarnya, ligamen, tendon, saraf, dan pembuluh darah.

Berkurangnya kemampuan untuk menggerakkan tangan ke arah dan cara yang biasa dapat terjadi akibat pembengkakan atau nyeri yang berhubungan dengan fraktur. Dokter akan meminta pasien untuk mengepalkannya. Ini membantu untuk menentukan tingkat cedera, serta jenis pengobatan yang mungkin diperlukan. Ini juga bisa mengindikasikan jika ligamen telah robek. Ligamen robek tidak akan muncul pada sinar-X standar, tapi kadang kala terjadi dengan fraktur.

Sinar-X tangan dilakukan untuk melihat tangan dari tiga arah yang berbeda. Mengevaluasi tangan dari berbagai sudut pandang mengurangi risiko adanya fraktur yang tidak tampak pada sinar-X dalam sudut pandang lainnya. Setelah mengevaluasi tulang pada sinar-X, dokter dapat menentukan jenis fraktur yang ada. Dalam kasus tertentu, dokter dapat memerintahkan melakukan lebih banyak sinar-X, dengan sudut pandang khusus untuk mencari fraktur yang sulit ditemukan. Pemeriksaan ini diperintahkan saat sinar-X standar tidak menunjukkan fraktur dan informasi mengenai cedera atau pemeriksaan fisik pasien menunjukkan adanya fraktur yang sulit ditemukan.

Baca Juga:  Luka - Penutupan Luka, Prognosis, dan Pencegahan

Pada pemeriksaan fisik dokter akan mencari kehadiran benda asing di tangan. Kegiatan yang bisa menyebabkan benda asing tersangkut di tangan meliputi:

Meninju orang lain di mulut:

  • Gigitan binatang
  • Terkena benda tajam
  • Luka tembus
  • Lecet atau serpihan dari benda

Benda asing yang dapat muncul pada sinar-X adalah kaca, tulang, logam, dan batu. Namun, bahan organik atau bahan hidup seperti kayu atau tanaman tidak akan muncul pada sinar-X standar dan akan memerlukan studi lebih lanjut jika dicurigai ada benda-benda tersebut.