Fasciitis Nekrotikan – Penegakan Diagnosis

Tim dokter multidisiplin dibutuhkan dalam perawatan pasien dengan fasciitis nekrotikan. Mayoritas pasien awalnya akan pergi ke unit gawat darurat, dan karena itu akan melihat seorang dokter jaga UGD. Seorang ahli bedah akan terlibat pada awal perawatan pasien tersebut. Tergantung pada area tubuh yang terlibat, subspesialis bedah juga mungkin perlu berkonsultasi (misalnya, seorang urolog di kasus gangren Fournier). Spesialis-penyakit dalam sub-infeksi sering terlibat untuk membantu menentukan pemberian antibiotik.

doktersehat-mri-scan-sindrom-tourette

Apa tes dan pemeriksaan yang dokter gunakan untuk mendiagnosis fasciitis nekrotikan?
Diagnosis fasciitis nekrotikan oleh dokter seringkali dibuat awalnya berdasarkan riwayat dan pemeriksaan fisik yang dilakukan kepada pasien. Meskipun ada beberapa tes laboratorium dan pencitraan yang dapat membantu dalam membuat diagnosis fasciitis nekrotikan, hasil yang langsung jadi tidak tersedia. Oleh karena itu, diperlukan indeks kecurigaan yang tinggi pada pasien dengan gejala atau tanda-tanda sugestif dari fasciitis nekrotikan dan jika memang mengarah ke fasciitis nekrotikan, pasien harus segera berkonsultasi langsung dengan dokter bedah untuk mempercepat manajemen.

Pemeriksaan laboratorium mencakup berbagai tes darah seperti hitung darah lengkap (CBC), jumlah sel darah putih (WBC). panel elektrolit, kultur darah, dan tes darah lainnya juga umumnya dapat dilaukan. Namun, hasil tes darah ini tidak dapat semata-mata diandalkan untuk membuat diagnosis segera.

Studi pencitraan seperti CT scan, MRI, dan USG semuanya telah berhasil digunakan untuk mengidentifikasi kasus fasciitis nekrotikan. Mereka dapat digunakan ketika tanda-tanda samar-samar atau diagnosis yang diragukan. Modalitas pemeriksaan ini dapat membantu mengidentifikasi area adanya penumpukan cairan, peradangan dan gas dalam jaringan lunak, selain membantu menggambarkan luasnya infeksi. Meskipun radiografi polos (sinar-X) dapat menunjukkan gas di jaringan lunak, mereka dianggap kurang bermanfaat dan bernilai kecil. Pencitraan seharusnya tidak menunda pengobatan definitif dalam kasus-kasus sugestif fasciitis nekrotikan.

Baca Juga:  Fasciitis Nekrotikan - Penyebab dan Sejarah

Kultur jaringan, biopsi jaringan, dan hasil pewarnaan Gram secara definitif dapat membantu mengidentifikasi organisme bertanggung jawab untuk infeksi, dan ini dapat membantu memandu terapi antibiotik yang tepat.

Apakah ada solusi perawatan mandiri untuk fasciitis nekrotikan?
Fasciitis nekrotikan adalah kondisi darurat yang tidak bisa dikelola di rumah. Pasien dengan fasciitis nekrotikan membutuhkan perawatan rumah sakit, antibiotik yang sesuai yang dimasukkan lewat infus, debridement, dan pengamatan cermat di unit perawatan intensif.