Asam Urat – Penegakan Diagnosis

Siapa pun yang tiba-tiba terkena persendian panas, merah, bengkak harus mencari perawatan medis, baik dengan dokter layanan primer, dokter di unit gawat darurat, atau dengan spesialis rheumatologist (arthritis dan gout). Gejala ini juga bisa disebabkan oleh infeksi, kehilangan tulang rawan di sendi, atau alasan lainnya. Penting untuk membuat diagnosis artritis gout yang akurat untuk perawatan optimal.

penyebab-asam-urat-doktersehat

Jika seseorang telah didiagnosis dengan asam urat dan memiliki lebih dari satu serangan artritis, minum obat yang diresepkan oleh dokter untuk serangan ini. Individu harus diperiksa oleh dokter, di unit gawat darurat, atau di klinik. Orang tersebut mungkin membutuhkan obat reguler untuk mencegah flare artritis lebih lanjut.

Serangan sakit perut akibat batu ginjal (kolik ginjal) mungkin berhubungan dengan batu ginjal asam urat dari asam urat.

Spesialis apa yang mengobati asam urat?
Gout ditangani oleh dokter layanan primer, dokter umum, dokter penyakit dalam, dan dokter keluarga. Spesialis penyakit dalam khusus yaitu subspesialis rheumatologi memiliki keahlian khusus untuk mendiagnosis dan mengelola asam urat.

Bagaimana dokter mendiagnosis gout?
Aspirasi sendi

  • Ini adalah tes diagnostik yang paling penting. Ini adalah metode akhir untuk memastikan diagnosis artritis gout, berlawanan dengan penyebab lain seperti infeksi pada sendi.
  • Jarum dimasukkan ke dalam sendi untuk mengambil sampel cairan sendi untuk diperiksa.
  • Cairan diperiksa di bawah mikroskop untuk melihat apakah ada kristal asam urat atau tanda adanya infeksi bakteri. Terkadang kristal lain dapat ditemukan pada cairan sendi, seperti kalsium pirofosfat, yang disebabkan oleh kondisi yang sama sekali berbeda yang disebut pseudogout (“seperti asam urat”).
  • Nyeri sendi karena asam urat kadang didiagnosis berdasarkan presentasi klinis khas tanpa aspirasi sendi.
Baca Juga:  Asam Urat - Penatalaksanaan: Obat Colchicine, Steroid, dan Probenecid

Tes darah

  • Seorang dokter mengambil sampel darah untuk melihat jumlah sel, kadar asam urat, fungsi ginjal, dll.
  • Sayangnya, tingkat asam urat dalam darah tidak dapat dipercaya digunakan untuk membuat diagnosis asam urat. Kadar asam urat normal pada sekitar 10% orang selama serangan akut artritis gout. Selain itu, kadar asam urat meningkat pada 5%-8% populasi umum, sehingga kehadiran tingkat tinggi tidak berarti gout adalah penyebab sendi yang meradang. Menariknya, asam urat biasanya menurun selama radang sendi kambuh. Oleh karena itu, waktu optimal untuk mengukur asam urat adalah setelah kekambuhan mereda atau saat tidak terjadi nyeri sendi akut.

Radiografi
Sinar-X digunakan untuk menilai kerusakan sendi yang mendasarinya, terutama pada mereka yang memiliki beberapa episode radang sendi akibat asam urat.