Penduduk Indonesia Sangat Rentan Terkena Virus Zika

DokterSehat.Com – Adanya kasus virus zika yang sudah menyerang ratusan orang di Singapura dan bahkan diketahui menginfeksi seorang WNI yang ada di Negara kecil ini membuat otoritas kesehatan Indonesia mewaspadai akan adanya kemungkinan penyebaran penyakit berbahaya ini ke Indonesia. Dalam realitanya, pakar kesehatan di seluruh dunia menyebutkan jika Indonesia, bersama dengan Negara dengan jumlah penduduk yang sangat besar lainnya layaknya India dan juga Nigeria memiliki resiko sangat besar terpapar virus zika. Bagaimana ha ini bisa terjadi.

doktersehat-virus-zika-nyamuk-bau-ayam-hidup-cegah-malaria

Pakar kesehatan dari London School of Hygiene and Tropical Medicine, University of Toronto, dan juga Oxford University, melakukan sebuah penelitian yang mencermati skema penularan virus zika melalui perhitungan jumlah penumpang pesawat. Hasilnya adalah, penduduk Indonesia, Nigeria, dan juga India sangat beresiko terpapar virus zika mengingat banyaknya penduduk yang hilir mudik mengunjungi Negara-negara yang sudah terpapar virus zika ini, layaknya Negara-negara Amerika Latin dan juga kini, Singapura.

Pakar kesehatan juga menyebutkan jika Indonesia cukup rentan terpapar infeksi virus zika mengingat pemerintah dan juga masyarakatnya cenderung belum benar-benar siap mencegah penularan virus ini, apalagi di Indonesia masalah demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk yang sama yang menularkan virus zika, yakni nyamuk Aedes, cenderung kerap terjadi dan masih memakan banyak sekali korban.

Penyebaran virus zika kini sangat meresahkan banyak Negara di Asia, khususnya Asia tenggara mengingat banyak orang yang memiliki urusan bisnis di Singapura dan juga Negara-negara lain yang sudah menjadi area yang terpapar virus yang bisa menyebabkan masalah kelahiran bayi yang terkena kecacatan kepala dan otak mikrosefali. Tak hanya itu, suhu yang hangat di kebanyakan Negara Asia Tenggara juga dietangarai sangat ideal bagi nyamuk penyebar virus ini, nyamuk Aedes, untuk berkembang biak dengan pesat.