Penderita Wasir Sebaiknya Menghindari Makanan dan Minuman Ini

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-hemoroid

DokterSehat.Com– Wasir masih menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat tanah air. Yang menjadi masalah adalah, kebanyakan penderita wasir enggan memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter karena malu. Selain itu, mereka juga masih menerapkan gaya hidup yang tidak sehat, khususnya dalam hal pola makannya sehingga wasir pun bisa menjadi semakin parah. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan bahwa ada baiknya penderita wasir menghindari makanan atau minuman ini agar tidak sampai mengalami pendarahan atau komplikasi lainnya.

Makanan pedas
Kandungan capsaicin pada cabai bisa memicu pendarahan pada anus penderita wasir. Konsumsi makanan pedas yang bisa memicu rasa kurang nyaman pada saat buang air besar juga bisa menyebabkan wasir berdarah.

Makanan asam
Tak hanya makanan pedas, makanan asam juga kurang baik bagi kesehatan pencernaan kita. Bagi penderita wasir, kerap mengkonsumsi makanan asam akan membuat buang air besar terasa sakit.

Makanan berminyak
Meskipun memiliki rasa yang enak, makanan berminyak bisa memperlambat proses pencernaan dan kurang baik bagi kesehatan dinding usus. Kerap mengkonsumsinya akan membuat wasir terasa sakit saat buang air besar.

Makanan instan
Makanan instan akan memicu peradangan pada saluran pencernaan dan memperparah wasir. Hal yang sama juga berlaku jika kita mengkonsumsi makanan cepat saji, makanan beku, makanan kaleng, serta makanan kemasan.

Tidak mengkonsumsi makanan berserat
Malas mengkonsumsi makanan berserat akan membuat kotoran menjadi keras dan akhirnya melukai wasir dan memicu pendarahan.

Minuman beralkohol
Minuman beralkohol bisa memicu gangguan pada pencernaan dan menyebabkan wasir menjadi lebih parah.

Melihat adanya fakta ini, penderita wasir sebaiknya menghindari makanan dan minuman tersebut agar kondisi kesehatannya tidak menjadi semakin parah atau mengalami pendarahan.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik