Penderita Tekanan Darah Tinggi Sebaiknya Menghindari Makanan Berikut

DokterSehat.Com – Penyakit tekanan darah tinggi adalah salah salah satu penyakit yang cukup banyak menyerang masyarakat Indonesia. Dari sebuah penelitian, bahkan tercatat setidaknya satu dari empat orang di Indonesia mengalami masalah penyakit tekanan darah tinggi. Untuk menghindari masalah kesehatan yang jauh lebih besar. Penderita tekanan darah tinggi pun diharapkan menaati beberapa pantangan, khususnya yang berkaitan dengan makanan-makanan yang dikonsumsi. Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita tekanan darah tinggi.

23938579132_9d11868964_o

Penderita tekanan darah tinggi sebaiknya menghindari makanan yang kaya akan kandungan lemak jenuh maupun lemak trans. Lemak jenuh sendiri kerap kali ditemui pada kulit ayam yang disukai oleh banyak orang. Selain itu, beberapa jenis makanan lain layaknya daging merah, mentega, hingga susu yang kaya akan lemak juga kaya akan lemak jenuh sehingga sebaiknya kita hindari. Sementara itu, lemak trans bisa ditemui pada gorengan atau bahkan keripik sehingga kedua jenis makanan ini sebaiknya dihindari saja. Jika penderita tekanan darah tinggi banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak jenuh maupun lemak trans, maka kadar kolesterol dalam darah bisa meningkat sehingga bisa memicu masalah lebih besar pada tekanan darah dan juga jantung.

Makanan yang kaya akan kandungan garam ternyata juga sebaiknya dihindari oleh penderita tekanan darah tinggi. Beberapa makanan yang kaya akan garam layaknya saus tomat, keju, roti, bahkan daging asap bisa membuat masalah tekanan darah tinggi semakin meningkat. Selain itu, cobahal untuk menghindari acar sayuran. Jangan terkecoh dengan bahan sayuran yang ada pada makanan ini mengingat dalam acar ternyata bisa ditemukan 100-300 mg garam yang tentu akan sangat berbahaya bagi penderita darah tinggi.

Baca Juga:  Makanan-Makanan ini Bisa Mengatasi Nafsu Makan Berlebihan

Selain makanan, penderita tekanan darah tinggi juga harus berhati-hati dalam mengkonsumsi minuman, khususnya kopi atau minuman kaya kafein lainnya. Minuman yang cukup akrab dengan keseharian manusia ini ternyata bisa membuat tekanan darah naik, meskipun sifatnya hanya sementara. Hanya saja, kita tentu tidak boleh menyepelekan hal ini bukan? Cobalah untuk mengurangi konsumsi kopi hingga hanya satu cangkir per hari untuk mengurangi dampak buruk bagi penderita tekanan darah tinggi.