Penderita Tekanan Darah Tinggi Harus Menghindari Minuman Ini

Hipertensi-doktersehat

DokterSehat.Com– Tak hanya makanan, penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi ternyata juga harus menghindari beberapa jenis minuman yang bisa menyebabkan dampak buruk bagi kondisi kesehatannya seperti serangan jantung, pecahnya pembuluh darah, dan masalah lainnya. Berikut adalah beberapa minuman yang pantang untuk mereka konsumsi.

Minuman isotonik
Minuman yang kerap dikonsumsi setelah berolahraga ini memang cocok untuk membuat tubuh kembali terhidrasi setelah kehilangan banyak cairan tubuh. Hanya saja, minuman ini kaya akan kandungan sodium klorida dan sodium karbonat yang harus dihindari oleh penderita tekanan darah tinggi.

Minuman berenergi
Minuman energi yang kerap dikonsumsi oleh orang yang membutuhkan tenaga yang besar untuk bekerja ini kaya akan kandungan taurine dan kafein. Kandungan ini bisa semakin meningkatkan tekanan darah sehingga tentu masalah hipertensi bisa menjadi semakin parah.

Kopi dan teh
Termasuk dalam minuman yang nikmat dan dianggap menyehatkan, dalam realitanya kedua minuman ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita hipertensi mengingat kemampuannya meningkatkan tekanan darah, apalagi jika frekuensi meminumnya terlalu sering.

Minuman beralkohol
Telah banyak penelitian yang membuktikan betapa bahaya dampak dari kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol bagi orang yang sehat. Hal yang lebih berbahaya bisa terjadi bagi mereka yang menderita masalah tekanan darah tinggi karena suplai oksigen ke jantung bisa terganggu dan akhirnya membuatnya bekerja dengan lebih keras. Hal ini tentu bisa menyebabkan serangan jantung yang mematikan.

Ada baiknya penderita tekanan darah tinggi lebih berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman demi menurunkan tekanan darah dalam tubuhnya. Selain itu, perbanyaklah konsumsi minuman air putih yang jauh lebih sehat.