Penderita Tekanan Darah Rendah Apakah Masih Bisa Berolahraga?

DokterSehat.Com – Selain melakukan pola makan yang sehat dan mendapatkan waktu tidur yang berkualitas setiap hari, pakar kesehatan telah berkali-kali menyerukan pentingnya melakukan olahraga yang rutin untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Berbagai penelitian telah menunjukkan fakta dimana mereka yang rutin berolahraga akan memiliki daya tahan tubuh yang jauh lebih baik sehingga resiko terkena berbagai macam penyakit pun menurun drastis. Sayangnya, sebuah pertanyaan muncul, tidak semua orang mampu melakukan olahraga rutin karena fisiknya yang cenderung lemah. Sebagai contoh, jika kita adalah penderita tekanan darah rendah yang cenderung mudah lemas, pusing-pusing, hingga memiliki resiko pingsan cukup tinggi, apakah masih bisa berolahraga?

doktersehat-lari-jogging-olahraga

Pakar kesehatan ternyata menyebutkan jika masalah tekanan darah rendah tidak bisa menjadi alasan seseorang untuk tidak berolahraga. Memang, dalam realitanya olahraga bisa membuat tekanan darah menjadi semakin menurun sehingga penderita tekanan darah rendah bisa menjadi lebih pusing-pusing, kesemutan, atau bahkan merasa lemas. Namun, pakar kesehatan berkata jika ada olahraga yang cocok dilakukan oleh penderita tekanan darah rendah.

Pakar kesehatan dan olahraga dr Sophia Hage, SpKO, menuturkan jika olahraga ternyata justru sangat baik bagi penderita tekanan darah rendah mengingat olahraga akan membuat tekanan darah menjadi lebih normal. Bagaimana tidak, gerakan intens olahraga akan membuat kekuatan otot meningkat dan beberapa organ layaknya jantung dan paru-paru juga mengalami peningkatan kebugaran. Hal ini akan berimbas pada fungsi jantung yang lebih baik dalam memompa darah yang dipenuhi oksigen ke seluruh tubuh.

Beliau menuturkan jika penderita tekanan darah rendah sangat disarankan untuk berolahraga berendang, jogging, bersepeda, berjalan kaki cepat, hingga melakukan pilates. Memang, pada awalnya olahraga ini bisa dilakukan dengan intensitas yang ringan terlebih dahulu. Namun, lama kelamaan tubuh akan terasa jauh lebih baik dan kita pun akan bisa berolahraga dengan intensitas yang normal sehingga tubuh pun akan menjadi semakin sehat.