Penderita Skoliosis Perlu Ditangani Segera

DokterSehat.Com – Skoliosis atau kondisi di mana tulang punggung bengkok dan terpelintir hingga menyerupai huruf S perlu ditangani sejak dini. Bila didiamkan terlalu lama, itu tidak hanya akan memperburuk postur, tapi juga nyeri otot bahkan masalah pada pernapasan.



Umumnya skoliosis terlihat seperti normal. Namun perbedaan bisa dilihat ketika penderita membungkuk. Jika pantat tidak simetris dan terdapat celah antara lengan, itu menunjukkan seseorang menderita skoliosis, papar spesialis ortopedi dari MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, dr. S. Dohar A.L. Tobing SpOT, K-Spine, saat jumpa pers di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Rabu (2/12/2015).

Dijelaskan Dohar, umumnya spesialis orthopedi akan melakukan pemeriksaan radiologis dan mengukur derajat lengkungnya. Jika skoliosis ditemukan secara dini, maka dapat ditangani dengan cara non bedah.

Kalau dari sekarang udah ketahuan, bisa ditangani dengan latihan gerak punggung atau kalau perlu menggunakan brace (baju penyangga). Tapi kalau lengkungan mencapai 45 derajat maka diperlukan tindakan pembedahan, ujarnya.

Menurut dia, pembedahan dilakukan untuk memperbaiki lengkungan dan pemasangan implant batang logam serta sekrup untuk menyangga. Meski skolios tidak dapat hilang, namun pembedahan membantu penderita untuk memiliki kualitas hidup yang baik.

Pasien tidak akan merasakan sakit kembali. Karena kalau tidak segera dikoreksi, risiko lengkungan semakin buruk dan akan berakibat fungsi paru-paru atau nyeri punggung menjadi kronis dan akan mengganggu aktivitas sehari-hari pasien, kata dia.

BACA JUGA : Seputar Vagina Kering dan Cara Mengatasinya