Penderita Kolesterol Tinggi Bisa Mengkonsumsi Makanan Sehat Berikut

DokterSehat.Com – Saat seseorang diketahui memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi dalam tubuh, Ia pasti akan langsung segera memperhatikan apa saja yang ia makan setiap hari agar kadar kolesterol ini bisa turun kembali menjadi normal. Sayangnya, hal ini akan menjadi sangat sulit untuk dilakukan mengingat banyaknya asupan kurang sehat yang kita konsumsi sehari-hari. Jika anda adalah seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, anda tak perlu khawatir. Terdapat beberapa makanan yang ternyata cukup baik bagi penderita kolesterol tinggi seperti sebagai berikut.

doktersehat-protein-susu-buah

Makanan pertama yang baik bagi penderita kolesterol tinggi sangatlah mudah ditemui di makanan sehari-hari, yakni makanan yang mengandung kacang kedelai. Kita tentu akan sangat mudah menemui makanan layaknya tahu atau susu kedelai, bukan? Jangan ragu mengkonsumsi makanan dari bahan kacang kedelai karena jika anda mengkonsumsi setidaknya 0,5 ons makanan tersebut, maka anda sudah berusaha mengurangi setidaknya 6 persen dari kadar kolesterol anda. Selain kacang kedelai, bahan kacang-kacangan lain juga diyakini mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Kandungan protein, lemak tak jenuh, kalium, serat, magnesium, hingga vitamin E yang kaya pada kacang-kacangan diyakini bisa menurunkan 5 persen kadar kolesterol jika kita mengkonsumsi makanan kacang-kacangan.

Sayuran dan buah-buahan tentu akan menjadi makanan yang pertama kali disebut jika menyebut makanan sehat. Penderita kolesterol tinggi haruslah menambah konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk menurunkan kadar kolesterolnya. Beberapa makanan layaknya brokoli, pir, ubi, stroberi, atau bahkan terong ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol dengan signifikan. Buah layaknya alpukat yang dikenal kaya akan kandungan lemak tak jenuh juga bisa dikonsumsi untuk mengurangi kandungan kolesterol dalam darah. Pastikan bahwa kita mengkonsumsi alpukat dalam bentuk asli tanpa susu maupun gula. Selain itu, jangan mengkonsumsi lebih dari 20 gram sehari saja untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga:  Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Jantung Kita Tidak Sehat

Makanan oat atau jelai juga diyakini bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dengan signifkkan. Selain itu, makanan layaknya ikan yang kaya asam lemak omega tiga layaknya ikan salmon, sarden, atau tuna juga diyakini mampu menurunkan kadar kolesterol. Jika kita mengkonsumsi ikan dua atau tiga kali seminggu, resiko terkena penyakit jantung pun cenderung berkurang secara signifikan.