Penderita Hipertensi Sebaiknya Tidak Hanya Minum Obat Saat Tekanan Darahnya Naik

DokterSehat.Com – Hipertensi atau masalah tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit yang cukup banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa gaya hidup masyarakat tanah air yang sangat buruk, khususnya dalam hal menerapkan pola makan yang tidak sehat menjadi penyebab dari banyaknya orang yang terkena masalah hipertensi ini. Sayangnya, banyak penderita hipertensi yang akhirnya mengembangkan masalah hipertensi ini menjadi penyakit yang lebih serius gara-gara kebiasaan mereka hanya minum obat saat tekanan darahnya naik.

doktersehat-hipertensi-tekanan-darah-tinggi-jantung-stroke

Menurut pakar kesehatan, banyak penderita hipertensi yang berpikir jika obat yang diberikan pada mereka baru perlu dikonsumsi jika tekanan darahnya naik. Sementara itu, andai tekanan darahnya turun, mereka tidak perlu mengkonsumsinya. Padahal, mereka seharusnya mengkonsumsi obat ini seumur hidupnya tanpa perlu menunggu tekanan darahnya naik.

Dr. Prasna Pramita, SpPD yang berasal dari Mayapada Hospital di Jakarta menyebutkan bahwa penderita hipertensi memiliki resiko mengalami kenaikan tekanan darah sewaktu-waktu. Karena alasan inilah obat ini seharusnya selalu diminum agar tekanan darah pada tubuhnya tetap dalam kondisi yang normal, bukannya baru diminum saat tekanan darahnya sudah terlanjur naik.

Meskipun kondisi kesehatan penderita hipertensi cenderung sudah normal, mereka tetap mengendalikan kondisi tekanan darahnya dengan konsumsi obat ini secara teratur. Tak hanya itu, ada baiknya penderita hipertensi lebih memperhatikan makanan yang Ia konsumsi sehari-hari. Banyak penderita hipertensi yang memilih untuk tak lagi mengkonsumsi garam, padahal, menurut dr. Prasna, hal ini ternyata tidak perlu dilakukan. Membatasi asupan garam agar tidak berlebihan memang perlu untuk dilakukan demi menjaga tekanan darah tetap normal, namun garam tidak perlu harus benar-benar dihilangkan dalam asupan makanan harian karena ternyata masih penting sebagai salah satu sumber energi tubuh kita.

Baca Juga:  Jangan Mudah Marah Jika Tidak Ingin Terkena Tekanan Darah Tinggi