Penderita Hipertensi Sebaiknya Menghindari Makanan-Makanan Berikut

DokterSehat.Com – Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi telah menjadi penyakit yang banyak diidap oleh masyarakat Indonesia. Pakar kesehatan menyebutkan jika gaya hidup masyarakat yang masih sangat buruk membuat tingginya rasio penderita penyakit ini. Padahal, jika penyakit ini dibiarkan begitu saja, maka resiko terkena serangan jantung dan beberapa penyakit berbahaya lainnya bisa meningkat tajam. Penderitanya tentu harus lebih baik dalam mengendalikan banyak hal, khususnya dalam menata pola makan. Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita hipertensi.

doktersehat-daging-panggang-meat-sapi-karbohidrat-lemak-kentang-hipertensi

Kentang goreng ada dalam daftar pertama makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita hipertensi. Bagaimana tidak, makanan ini digoreng di dalam minyak yang sangat banyak dan cenderung kaya akan kandungan lemak dan garam. Hal ini berarti, jika kita kerap mengkonsumsinya, resiko terkena masalah kesehatan pun ikut meningkat tajam. Selain kentang goreng, bacon atau daging panggang juga sebaiknya tidak dikonsumsi demi menghindari masalah hipertensi yang semakin parah. Bacon juga dikenal luas kaya akan lemak dan garam dan daging panggang juga kaya akan kandungan yang sama. Kedua makanan lezat ini ada baiknya memang tidak dikonsumsi penderita hipertensi.

Acar-acaran atau asinan ternyata juga sangat tidak direkomendasikan bagi penderita hipertensi. Acar yang bisa terbuat dari potongan wortel, ketimun, hingga kubis ternyata banyak mengandung natrium, sesuatu yang sama kita dapatkan jika banyak mengkonsumsi garam. Padahal, sudah rahasia umum jika konsumsi garam akan berpengaruh buruk bagi tekanan darah tinggi.

Makanan lainnya yang juga sebaiknya dihindari adalah sup ayam yang sudah dibentuk kalengan yang sayangnya kerap memiliki kandungan tinggi garam. Selain itu, donat juga sangat tidak disarankan untuk dimakan penderita hipertensi mengingat makanan ini cenderung kaya akan lemak dan gula yang bisa meningkatkan tekanan darah dengan cepat.