Penderita Gagal Ginjal Sebaiknya Menghindari Makanan-Makanan Berikut

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang paling mematikan di seluruh dunia adalah penyakit gagal ginjal. Bagaimana tidak, dengan ginjal yang tak lagi berfungsi, maka berbagai sistem yang ada pada tubuh akan bermasalah mengingat tidak ada lagi penyaring dan penawar racun yang bekerja di dalam tubuh. Memang, penderita gagal ginjal bisa melakukan pengobatan dan terapi tertentu agar bisa bertahan hidup. Namun, penderita gagal ginjal juga harus lebih baik dalam menghindari beberapa makanan seperti sebagai berikut.

doktersehat-gagal-ginjal-akut-penyakit-Hidronefrosis-kanker

Makanan Kaya Protein
Pakar kesehatan menyebutkan jika penderita gagal ginjal harus menghindari makanan yang kaya protein. Hal ini berarti, mereka tidak boleh mengkonsumsi makanan layaknya daging unggas, ikan, daging merah, telur, dan berbagai produk susu yang bisa menyebabkan penumpukan limbah yang akan sulit disaring oleh ginjal yang sudah rusak.

Makanan Kaya Garam
Makanan yang memiliki kadar garam tinggi bisa membuat tekanan darah meningkat tajam. Pakar kesehatan menyarankan para penderita gagal ginjal untuk membatasi asupan makanan kaya sodium maksimal 100 gram per porsinya. Hal ini berarti, penderita gagal ginjal sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan cepat saji, makanan kalengan, dan berhenti merokok.

Makanan Kaya Kalium
Beberapa makanan yang kaya akan kalium layaknya kacang-kacangan, brokoli, wortel, dan kentang sebaiknya dihindari. Tak hanya itu, bayam, tomat, pisang, papaya, manga, jeruk, melon, dan kiwi juga sebaiknya mulai tidak dikonsumsi demi kesehatan penderita gagal ginjal.

Makanan Kaya Fosfor
Makanan yang kaya akan fosfor layaknya pada produk susu, kacang-kacangan, hingga minuman bersoda bisa menyebabkan tulang menjadi lemah mengingat ginjal sudah tidak bisa menyaringnya lagi sama sekali. Ada baiknya penderita gagal ginjal menghindari makanan-makanan ini.