Penderita Diabetes Sebaiknya Selalu Memakai Alas Kaki

DokterSehat.Com – Banyak sekali penderita diabetes yang mengeluhkan banyak sekali perubahan yang harus dilakukan dalam hidupnya. Dalam realitanya, para penderita diabetes memang harus melakukan perubahan gaya hidup agar menjadi lebih sehat dan harus lebih banyak berhati-hati dalam melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari mengingat andai penderita diabetes mengalami luka kecil, maka luka ini beresiko sulit untuk disembuhkan dan menyebabkan infeksi. Salah satu cara paling mudah untuk menghindari luka bagi para penderita diabetes adalah dengan selalu memakai alas kaki.

doktersehat-penderita-diabetes-pakai-sandal-jepit

Menurut pakar kesehatan dari Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, dr. Wismandari Wisnu, para penderita diabetes memang harus memakai alas kaki setiap waktu, baik itu saat mereka berada di luar rumah maupun di dalam rumah. Meskipun di dalam rumah terlihat aman, namun tentu saja akan ada potensi yang menyebabkan luka sehingga alas kaki pun tetap harus dipakai.

Menurut dokter Wismandari, penderita diabetes memiliki kencenderungan tidak akan menyadari telah terjadi luka pada tubuhnya mengingat mereka cenderung tidak terlalu merasakan sakit saat ada luka yang muncul. Hal ini terjadi karena penderita diabetes bisa mengalami gangguan persarafan yang merupakan salah satu komplikasi yang disebabkan oleh diabetes. Dr. Wismandari bahkan berujar bahwa beliau pernah menemukan pasien diabetes yang kukunya lepas namun tidak menyadarinya hingga dua hari dan lukanya sudah terlihat sangat parah dan terinfeksi.

Andai penderita diabetes mendapati luka pada tubuhnya, dr. Wismandari menyarankan untuk segera mencuci luka ini dengan air mengalir dan kemudian tekan dengan kain kasa dan segera ditutup. Andai luka ini sulit untuk mengering, mau tidak mau penderita diabetes harus memeriksakan kondisi ini ke dokter. Untuk mencegah munculnya luka, selain memakai alas kaki dengan ukuran yang pas dengan kaki, disarankan bagi penderita diabetes untuk tidak menggunting kukunya terlalu pendek.