Penderita Diabetes Sebaiknya Rutin Berjemur di Pagi Hari

doktersehat-menghilangkan-bau-apek-matahari
Photo Credit: Pexels.com/ iiii iiii

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika sinar matahari pagi, khususnya sebelum pukul 09.00 sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jika kita kerap melakukan aktivitas fisik sembari berjemur di bawah sinar matahari ini, maka kita akan mendapatkan banyak manfaat kesehatan.

Tak hanya kaya akan vitamin D, sinar matahari diyakini bisa membantu kita menurunkan kadar kolesterol, membuat fungsi pernapasan meningkat, dan memperbaiki kesehatan tulang. Hal yang menarik, pakar kesehatan sangat menyarankan penderita diabetes untuk rutin berjemur di pagi hari.

Jika rutin melakukannya, maka penderita diabetes akan mendapatkan manfaat berupa kadar gula darah yang jauh lebih terkendali. Berjemur di bawah sinar matahari pagi juga akan meningkatkan fungsi sel tubuh sehingga merangsang produksi insulin yang lebih baik.

Fakta ini terungkap dalam sebuah penelitian yang melibatkan 90 orang pasien diabetes tipe dua selama 12 minggu. Satu kelompok diminta untuk mengonsumsi suplemen vitamin D dan kelompok lainnya diberi asupan vitamin D dan kalsium. Hasilnya, mereka yang mendapatkan vitamin D tanpa mendapatkan kalsium cenderung memiliki kadar gula darah yang lebih baik.

Pakar kesehatan Esther Krug, M.D., dari Sinai Hospital at Baltimore menyebutkan bahwa vitamin D yang bisa kita dapatkan dari sinar matahari memiliki peran besar dalam mengendalikan sel beta pankreas yang memproduksi hormon insulin.

Sementara itu, pakar kesehatan dari Diabetes Care menyebutkan bahwa orang-orang yang jarang terpapar sinar matahari atau kekurangan asupan vitamin D cenderung lebih rentan terkena masalah pre-diabetes dan pre-hipertensi.

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa kerap berjemur sinar matahari atau mengonsumsi suplemen yang kaya akan vitamin D juga bisa memperlambat perkembangan penyakit diabetes tipe 2 dengan signifikan.

Melihat adanya manfaat ini, mereka yang masih sehat atau yang sudah didiagnosis terkena diabetes tipe 2 sebaiknya rutin berjemur di pagi hari.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik