Penderita Diabetes Sebaiknya Mewaspadai Retinopati Diabetik

DokterSehat.Com – Jika kita membahas tentang komplikasi penyakit diabetes, maka yang paling sering disebutkan tentu saja adalah amputasi pada berbagai bagian tubuh dan munculnya masalah pada organ lain layaknya jantung atau ginjal. Padahal, ada satu lagi penyakit yang cukup berbahaya yakni kerusakan pada retina mata yang disebut sebagai retinopati diabetes. Seperti apakah penyakit yang merusak kesehatan mata yang harus diwaspadai ini?

doktersehat-penglihatan-mata-kabur-miopi

Pakar kesehatan mata dari RS Mata AINI, dr. Rumita Kadarisman menyebutkan jika penderita diabetes yang memiliki kadar gula dalam darah yang tinggi beresiko mengalami kerusakan pembuluh darah kecil atau mikrovaskular pada matanya. Hal ini berarti, andai kadar gula darah tidak bisa dikendalikan, maka pembuluh darah pada mata bisa mengalami gangguan yang fatal layaknya kebocoran pembuluh darah, penumpukan cairan pada retina mata, hingga penyumbatan. Menurut dr. Rumita, banyak penderita diabetes yang tidak menyadari akan hal ini dan pada akhirnya mengalami kerusakan pada retinanya. Apalagi penyakit retinopati diabetic memang cenderung tidak memberikan gejala apapun dan membuat penderitanya berpikir matanya masih dalam kondisi baik-baik saja.

Jika retinopati diabetic tidak ditangani dengan benar dan kadar gula darah tetap tak terkendali, maka macula bisa mengalami kerusakan parah dan disebut sebagai diabetic macula edama (DME). Pada fase ini, penderitanya baru mengalami masalah penglihatan layaknya penurunan penglihatan, munculnya bercak-bercak atau bahkan kesulitan melihat garis lurus. Dalam beberapa kasus, kondisi ini bahkan bisa memicu kebutaan, apalagi jika diabetes sudah sangat parah dan kadar gula darah sudah tidak lagi bisa dikendalikan.

Mengingat data dari Riset Kesehatan Dasar pada tahun 2013 menunjukkan jika 20 hingga 25 persen penderita diabetes juga terkena masalah retinopati diabetik yang bisa berkembang menjadi DME, maka ada baiknya penderita diabetes juga mulai mewaspadai akan hal ini dan rutin melakukan pemeriksaan pada gula darah dan kesehatan matanya agar tidak mengalami gangguan pada penglihatannya