Penderita Diabetes Sebaiknya Menghindari Penggunaan Sandal Jepit di Luar Ruangan

DokterSehat.Com – Masyarakat Indonesia termasuk dalam orang-orang yang sangat nyaman untuk memakai sandal jepit kemanapun. Tak hanya di area dekat rumah saja, banyak dari mereka yang bahkan memakai sandal jepit ini saat berkendara atau bahkan berada di pusat keramaian. Memang, sandal jepit sangatlah ringkas dan mudah untuk digunakan kemana-mana. Sayangnya, dibalik kenyamanannya, ada bahaya yang bisa didapatkan dari pemakaian sandal jepit.

doktersehat-penderita-diabetes-pakai-sandal-jepit

Pakar kesehatan dr. Alex Kor yang berasal dari American Academy of Podiatric Sports Medicine, menyebutkan jika meskipun nyaman, sebenarnya sandal jepit tidak benar-benar menopang telapak kaki bagian dalam dengan sempurna. Karena alasan inilah pakar kesehatan sangat tidak merekomendasikan penggunaan sandal jepit ini, khususnya bagi anak-anak, orang tua, dan para penderita diabetes. Menurut beliau, ada kemungkinan tumit kaki tidak berdiri atau berjalan dengan posisi yang stabil sehingga beresiko besar memicu masalah tendinitis, kecacatan pada kaki, kapalan, masalah pada kuku, hingga adanya kemungkinan keseleo. Selain itu, karena sandal jepit mengekspos hampir semua kulit pada kaki, maka dikhawatirkan akan sangat mudah menimbulkan luka saat tersandung atau terkena benda lain.

Pakar kesehatan yang merupakan pakar metabolisme dan diabetes dari Rumah Sakit Pondok Indah, dr. Wismandari Wisnu, Sp.PD-KEMD mengungkapkan jika para penderita diabetes kerap memakai sandal jepit di luar rumah, maka Ia pun beresiko mendapatkan luka dari benturan dengan batu atau bahkan saat terjatuh. Padahal, sebagaimana diketahui, luka pada penderita diabetes berpotensi sulit untuk disembuhkan dan bisa memicu infeksi parah. Andaipun ada beberapa orang yang menyarankan untuk memakai kaus kaki saat memakai sandal, hal ini juga sama sekali tidak membantu karena masih adanya resiko terkena luka. Hal ini berarti, gunakanlah alas kaki yang benar-benar memberikan perlindungan menyeluruh pada kaki layaknya sepatu.