Penderita Diabetes Sebaiknya Memperbanyak Asupan Serat

DokterSehat.Com – Penderita diabetes biasanya akan mengalami penurunan kualitas hidup yang sangat signifikan. Penurunan kualitas hidup ini biasanya berkaitan dengan semakin terbatasnya pilihan makanan yang mereka konsumsi sehari-hari. Sebagai contoh, penderita diabetes akan dilarang untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan gula layaknya kue manis. Bahkan, konsumsi kopi atau teh juga sebaiknya tidak diiringi dengan gula yang tentu saja akan kurang terasa nikmat.

doktersehat-detoks-detoksifikasi

Untuk membuat tubuh penderita diabetes tetap sehat, pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk meningkatkan asupan serat harian layaknya sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, atau bahkan oat. Dengan banyaknya serat, tubuh pun akan semakin baik dalam memetabolisme glukosa. Selain itu, diet tinggi serat yang konsisten dilakukan selama seminggu hingga sebulan diyakini akan membuat resistensi insulin dalam tubuh menurun dengan signifikan. Kondisi ini disebabkan oleh sifat serat yang anti inflamasi atau peradangan.

Penderita diabetes yang rajin mengkonsumsi serat juga akan mendapatkan kebaikan dimana usus akan melakukan proses fermentasi yang memicu tubuh menjadi lebih baik dalam mengendalikan insulin dan menurunkan produksi glukosa yang terjadi pada hati. Serat sendiri memiliki sifat yang cenderung mudah larut sehingga membuat proses pencernaan pun menjadi lebih lambat, tarmasuk diantaranya adalah karbohidrat yang semakin lambat dipecah menjadi kandungan glukosa. Lambatnya pelepasan glukosa dalam darah karena kondisi ini akan membuat kadar gula dalam darah pun lebih bisa dikendalikan dan tidak mudah naik.

Satu hal yang pasti, makanan yang kaya serat akan membuat kita lebih mudah merasa kenyang sekaligus bertahan dalam waktu yang lama karena proses pencernaan yang cenderung lebih lambat. Hal ini berarti, kita pun tidak akan mudah menginginkan camilan di jeda waktu antara makan yang berarti kita akan lebih baik dalam mengendalikan berat badan.