Penderita Diabetes Juga Bisa Menikmati Makanan Khas Hari Valentine Ini

DokterSehat.Com – Banyak penderita diabetes yang cenderung menghindari makanan khas hari Valentine yang memang seringkali identik dengan rasa yang manis. Jika tetap memaksakan diri merayakan Hari Kasih Sayang ini dengan mengkonsumsi makanan manis ini, dikhawatirkan kadar gula dalam darah akan tak terkendali dan bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Beruntung, penderita diabetes sebenarnya bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan khas Hari Valentine tanpa perlu khawatir akan kondisi kesehatannya. Apa sajakah makanan-makanan tersebut?

doktersehat-cokelat

Cokelat hitam
Cokelat kerap kali diidentikkan dengan makanan yang manis sehingga kerap dihindari oleh penderita diabetes. Hanya saja, cokelat hitam yang tidak mendapatkan tambahan gula sama sekali ternyata masih cukup aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tak hanya nikmat untuk dikonsumsi, cokelat hitam ternyata kaya akan flavonoid, semacam antioksidan yang bisa membantu tubuh melawan radikal bebas dan menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Konsumsi cokelat hitam akan membuat kita menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Agar-agar
Agar-agar cukup mudah untuk dibuat dan memiliki rasa yang nikmat. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika agar-agar termasuk dalam makanan yang kaya akan serat, kalsium, dan juga vitamin K. Bahkan, kandungan kalsium pada rumput laut, salah satu bahan pembuat agar-agar, disebut-sebut lima kali lebih banyak jika dibandingkan dengan susu. Penderita diabetes pun bisa menikmati makanan ini saat merayakan Hari Valentine tanpa perlu khawatir.

Ikan salmon
Ikan salmon kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, membuat pembuluh darah lebih fleksibel, dan membuat otot jantung lebih kuat. Pakar kesehatan menyarankan menu salmon kukus yang akan membuat perayaan Hari Valentine menjadi lebih nikmat.

Baca Juga:  Ingat, Penderita Diabetes Sebaiknya Menghindari Buah-Buahan Berikut Ini

Buah-buahan
Jangan salah, kita bisa memotong buah-buahan dan membentuknya menjadi bunga atau hati yang akan sangat cocok bagi perayaan Hari Valentine. Kandungan sehat dari buah-buahan tentu akan mendukung kesehatan para penderita diabetes.