Penderita Diabetes Harus Mencukupi Kebutuhan Air Putih

DokterSehat.Com – Penderita diabetes adalah orang-orang yang sangat tidak beruntung di dunia ini. Bagaimana tidak, mereka tidak lagi bisa menikmati hidup dengan cara mengkonsumsi makanan seenaknya lagi. Banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan agar makanan yang mereka konsumsi tidak menimbulkan kekacauan gula darah yang tentu beresiko besar menimbulkan komplikasi. Tak hanya itu, olahraga juga tidak bisa asal dilakukan dan harus melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Namun, tahukah anda jika penderita diabetes juga sebaiknya memenuhi kebutuhan air putihnya setiap hari? Apa saja manfaat mencukupi kebutuhan air putih bagi penderita diabetes?

doktersehat-isi-ulang-botol-air-minum-kotor-bakteri

Mencegah Dehidrasi
Penderita diabetes mudah mengalami peningkatan kadar gula dalam darah yang sangat signifikan dan hal ini akan membuat banyak air di dalam tubuh yang ikut terserap. Karena alasan inilah penderita diabetes cenderung sangat mudah terkena dehidrasi, apalagi jika mereka juga kerap buang air kecil. Dehidrasi tentu akan memberikan dampak yang buruk bagi banyak sistem yang berjalan pada tubuh sehingga dengan mencukupi kebutuhan air putih, penderita diabetes akan terbebas dari masalah dehidrasi ini.

Tidak Mudah Lelah
Aktifitas sehari-hari para penderita diabetes tentu akan membuat mereka banyak kehilangan kadar air dalam tubuh sehingga akan cepat merasa lelah. Dengan memenuhi kebutuhan air putih, rasa lelah inipun akan tidak mudah datang.

Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah
Pakar kesehatan menyebutkan jika air putih ternyata bisa ikut membantu proses alami tubuh dalam memeecah kadar gula dalam darah sehingga konsentrasinya akan cenderung lebih mudah untuk dikendalikan. Karena alasan inilah meminum air putih dengan cukup sangat disarankan.

Mencegah Munculnya Infeksi Pada Kulit
Penderita diabetes kerap kali mengalami masalah kulit kering, gatal-gatal, dan beresiko menyebabkan luka yang sulit untuk disembuhkan. Dengan banyak minum air putih, kulit akan terjaga kelembabannya dan resiko terkena infeksi kulit pun bisa diturunkan.