Penderita Diabetes Dilarang Makan Apel?

doktersehat-buah-apel

DokterSehat.Com– Ada sebuah info yang beredar di media sosial dan dipecaya masyarakat luas dimana ada baiknya penderita diabetes sebaiknya tidak makan buah apel karena kaya akan kandungan gula. Sebagaimana kita ketahui, penderita penyakit ini memang harus benar-benar berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan manis atau bergula. Namun, apakah hal ini benar adanya?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa apel memang memiliki kandungan gula alami dan nutrisi baik lainnya seperti vitamin, serat, dan mineral yang sebenarnya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kerap mengkonsumsi buah ini bisa mencegah datangnya penyakit layaknya hipertensi, stroke, penyakit jantung, kanker, hingga obesitas. Lantas, bagaimana jika yang mengkonsumsi buah ini adalah penderita diabetes?

Dalam sebuah penelitian, ditemukan fakta bahwa di dalam sebuah apel lengkap dengan kulitnya terdapat 95 kalori, 25 gram karbohidrat, 0,5 gram protein, 4 gram serat, dan 0,4 gram lemak. Kandungan serat dari buah ini disebut-sebut sangat baik bagi penderita diabetes tipe 2 karena mendukung tubuhnya mengendalikan kadar gula darah dengan lebih baik. Meskipun memiliki kadar gula alami, kandungan fruktosa pada buah apel ini tidak akan memicu kenaikan gula darah dengan signifikan. Sebaliknya, kandungan polifenol di alam apel justru akan menurunkan kadar gula darah dan melambatkan pencernaan karbohidrat. Mengkonsumsi apel juga akan menurunkan resistensi insulin pada tubuh karena adanya kandungan polifenol yang banyak pada kulitnya. Kandungan ini akan membuat pankreas lebih efektif dalam memproduksi insulin yang akan mendorong sel-sel tubuh menyerap gula.

Melihat adanya fakta ini, apel sangatlah baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes atau mereka yang masih sehat namun ingin mencegah datangnya penyakit ini. Hanya saja, jika para penderita diabetes masih ragu untuk mengkonsumsinya, mereka bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik