Penderita Diabetes Bisa Memilih Sayuran Berikut yang Aman Untuk Dikonsumsi

DokterSehat.Com – Menjadi penderita diabetes akan membuat seseorang mengalami perubahan kehidupan yang sangat banyak, khususnya dalam menikmati makanan. Bagaimana tidak, penderita diabetes harus lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi berbagai makanan, khususnya makanan yang terasa enak dan cenderung memiliki rasa yang gurih dan manis. Jika kita asal-asalan mengkonsumsi makanan, maka dikhawatirkan kandungan gula dalam darah akan meningkat tak terkendali dan bisa memicu masalah komplikasi yang serius dan bahkan mematikan. Tak hanya daging-dagingan atau makanan manis, penderita diabetes juga harus lebih cerdas dalam memilih sayuran untuk dikonsumsi. Berikut adalah beberapa jenis sayuran yang akan aman untuk dikonsumsi para penderita diabetes.

doktersehat-brokoli-sehat-sayur-nutrisi-vitamin

Brokoli
Sayuran ini memang dikenal luas sebagai sayuran yang sehat bagi tubuh mengingat adanya kandungan serat makanan dan kalsium yang cukup tinggi. Namun, khusus bagi penderita diabetes, brokoli menawarkan kandungan antioksidan yang bisa mampu membantu tubuh mengendalikan kadar gula darah tetap seimbang. Jika penderita diabetes mengalami masalah kulit, nutrisi dari sayuran ini akan membantu penyembuhannya.

Kecambah
Kecambah ternyata memiliki sifat anti-karsinogenik sehingg akan sangat baik dalam membantu tubuh mencegah penyait kanker. Disamping itu, sayuran ini ternyata penuh dengan nutrisi fitonutrien yang membuat kecambah bebas dari kandungan gula dan tentu akan sangat aman dikonsumsi penderita diabetes.

Kubis
Sayuran ini selain dikenal sebagai sayuran yang cocok untuk program penurunan berat badan, ternyata juga sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes mengingat tidak ditemukannya kandungan gula di dalamnya.

Selada
Selada dikenal luas kaya akan kandungan mangaan, besi, dan juga asam folat. Hal ini berarti, sayuran ini akan membantu tubuh membangun sistem kekebalan yang lebih baik dan bagi penderita diabetes, akan semakin membantu pengendalian kadar gula darah tetap seimbang.