Penderita Cacar Air Tidak Boleh Makan Telur?

doktersehat-cacarair-cacar-air-varicella-campak-Henoch-Schonlein-Purpura-HSP

DokterSehat.Com– Ada sebuah kepercayaan yang dipercaya oleh banyak orang dimana penderita cacar air sebaiknya tidak makan telur karena makanan ini bisa membuat masalah kesehatan ini menjadi semakin parah. Apakah hal ini benar adanya?

Cacar air dipicu oleh virus bernama varicella-zoster. Penyakit ini dikenal sangat mudah menular namun bisa sembuh dengan sendirinya meskipun memang ada sebagian orang yang memerlukan obat untuk mengatasinya. Gejala awal dari cacar air adalah demam dan munculnya bintik-bintik kecil yang berisi cairan yang bisa terasa sangat gatal. Seringkali cacar air diderita oleh anak-anak meskipun dalam beberapa kasus yang tidak sering terjadi juga terjadi pada orang dewasa. Biasanya, mereka yang menderita penyakit ini sedang memiliki daya tahan tubuh yang rendah.

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi telur bisa membuat cacar air menjadi semakin parah. Hanya saja, jika penderita cacar air mengalami alergi telur, maka pada kulit mereka akan muncul bintik-bintik yang terasa gatal yang dianggap sebagai tanda bahwa cacar air menjadi semakin parah. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa penderita cacar air tidak memiliki pantangan untuk mengkonsumsi makanan tertentu. Satu hal yang pasti, mereka harus memperkuat daya tahan tubuhnya agar bisa segera sembuh. Caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Salah satu makanan bergizi yang justru sangat direkomendasikan karena bisa memperkuat sistem imun adalah telur meskipun makanan lain seperti sayuran dan buah-buahan juga sangat direkomendasikan. Selain itu, penderita cacar air sebaiknya rutin menjaga kebersihan kulit dengan mandi secara teratur dan kerap mengeringkan tubuhnya agar cacar ini bisa segera sembuh. Hanya saja, jika memang penderita cacar air menderita alergi telur, ada baiknya memang tidak mengkonsumsi makanan ini.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik