Penderita Asam Urat Harus Menjaga Konsumsi Makanannya

DokterSehat.Com – Penyakit asam urat atau yang juga kerap disebut sebagai penyakit encok adalah penyakit yang diidentikkan dengan orang tua. Sayangnya, banyak orang dewasa dan mereka yang masih muda juga beresiko mendapatkan penyakit ini. Untuk menghindari gejala asam urat yang bisa sangat menyiksa, kita pun harus pandai-pandai mengatur pola makan kita, khususnya dalam memilih makanan apa saja yang kita makan. Pakar kesehatan menyebutkan jika penderita asam urat sebaiknya mengkonsumsi makanan yang kaya dengan kadar purin sehingga resiko terkena asam urat pun berkurang drastis.

doktersehat-mata-ikan-clavus

Makanan pertama yang akan sangat baik dalam menekan perkembangan asam urat adalah makanan yang kaya karbohidrat dan juga kadar purin. Beberapa produk layaknya pasta dan roti putih diyakini akan sangat baik dikonsumsi penderita asam urat meskipun konsumsinya juga harus disesuaikan agar aman dan tidak meningkatkan tekanan darah dan resiko terkena penyakit diabetes. Makanan yang terbuat dari bahan biji-bijian dan juga kacang-kacangan diyakini akan sangat baik bagi penderita asam urat. Makanan dari bahan ini juga kaya akan kandungan purin. Pakar kesehatan menyebutkan jika dengan takaran sendok makan kacang-kacangan atau biji-bijian layaknya kacang mete atau kacang almond bisa mencegah munculnya gejala asam urat. Selain itu, produk susu rendah lemak dan yoghurt rendah lemak juga sangat disarankan bagi penderita asam urat mengingat kemampuannya menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Bagi penderita asam urat, terdapat banyak makanan yang mudah ditemui sehari-hari namun tidak baik jika dikonsumsi karena akan menimbulkan gejala yang tidak diinginkan. Sebagai contoh, telur yang termasuk dalam bahan makanan pokok sehari-hari akan kurang baik bagi penderita asam urat. Telur termasuk dalam makanan yang tidak memiliki banyak kadar purin yang bisa meningkatkan resiko memunculkan gejala penyakit asam urat. Selain itu, beberapa buah-buahan yang miskin kadar purin layaknya pepaya, alpukat, nanas, buah pir, hingga kubis juga kurang baik bagi penderita penyakit asam urat.