Penderita Anemia Sebaiknya Tidak Meminum Kopi

DokterSehat.Com – Anemia atau kurang darah bisa membuat seseorang menjadi terlihat lemas, lesu, pucat sepanjang hari, hingga mudahnya merasa lelah meskipun tidak terlalu banyak melakukan aktifitas. Melihat hal ini, banyak orang yang menyarankan untuk mengkonsumsi kopi. Harapannya, kopi akan bisa membuat mereka menjadi lebih segar. Padahal, bagi pakar kesehatan, penderita anemia ternyata sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi sama sekali. Mengapa hal ini bisa terjadi?

doktersehat-obat-tidur

Dengan mengkonsumsi kopi, penderita anemia berpotensi mengalami gangguan dalam menyerap zat besi dari makanan. Jika hal ini terjadi, maka bukannya tubuh menjadi lebih segar dan waspada, yang terjadi justru anemia akan menjadi lebih parah. Selain itu, jika penderita anemia adalah ibu hamil, maka ibu hamil pun akan beresiko mengalami penurunan kadar zat besi dalam tubuh secara signifikan sehingga bisa membahayakan janinnya. Padahal, demi kesehatan dan perkembangan janinnya, ibu hamil seharusnya mendapatkan zat besi jauh lebih banyak dari biasanya. Adanya kandungan kafein ternyata akan membuat zat besi tidak bisa lancar beredar dalam darah sehingga janin pun akan kesulita menyerapnya dan perkembangannya pun akan terganggu.

Asupan kafein dari kopi ternyata juga akan membuat berbagai nutrisi terikat dan rusak. Selain itu, kandungan hemoglobin dalam darah juga akan cenderung menjadi tidak stabil dan pada akhirnya tubuh akan mengalami kekurangan sel darah merah. Hal ini berarti, masalah anemia pun akan menjadi lebih parah. Selain itu, konsumsi kopi ini juga akan membuat sistem imunitas tubuh menurun dengan signifikan sehingga berbagai masalah kesehatan pun bisa muncul.

Untuk mengatasi masalah anemia ini, penderitanya disarankan untuk mulai banyak mengkonsumsi sayuran yang kaya zat besi layaknya bayam, kangkung, kubis, dan berbagai sayuran lainnya. Kacang-kacangan yang dikenal kaya akan zat besi juga sangar direkomendasikan. Selain itu, imbangi asupan harian dengan buah-buahan layaknya pisang, jambu biji, hingga pisang sehingga masalah anemia pun bisa segera mereda.