Gangguan Pendengaran – Pengobatan, Pencegahan, dan Pemeliharaan Telinga

Pengobatan gangguan pendengaran adalah bergantung pada jenis dan sumber gangguan pendengaran. Pembedahan dapat menyembuhkan gangguan pendengaran yang disebabkan oleh otosklerosis, jaringan parut, atau infeksi sementara penyakit Ménière kadang-kadang dapat diobati dengan obat-obatan dan modifikasi diet.

ktersehat-gangguan-pendengaran

Gangguan pendengaran yang disebabkan oleh infeksi sering dapat diobati dengan antibiotik.

Jika Anda berpikir kehilangan pendengaran Anda berasal dari penggunaan obat, konsultasikan dengan dokter Anda tentang pilihan obat alternatif. Perawatan medis yang cepat untuk gangguan pendengaran mendadak dapat meningkatkan kemungkinan pemulihan.

Orang dengan gangguan pendengaran permanen perlu belajar bagaimana untuk memanfaatkan pendengaran yang masih dimiliki. Kebanyakan orang dengan gangguan pendengaran permanen bisa dibantu dengan alat bantu dengar, namun hanya satu dari lima orang yang memenuhi syarat menggunakannya. Alat bantu dengar adalah instrumen kecil Anda biasanya dipakai di depan atau di belakang telinga Anda yang membuat suara lebih keras. Hal-hal yang terdengar dapat berbeda melalui alat bantu dengar, jadi penting untuk konsultasi dengan dokter Anda untuk menetapkan tujuan yang realistis.

Teknologi canggih lainnya termasuk sistem mendengarkan pribadi yang memungkinkan Anda untuk mendengarkan apa yang ingin Anda dengar dan menonaktifkan suara lainnya. Sistem TV untuk mendengarkan memungkinkan bagi Anda untuk mendengar televisi atau radio tanpa mengubah volume. Berbagai jenis perangkat telepon yang tersedia untuk membuat percakapan lebih mungkin terdengar pada rumah dan ponsel. Implan koklea akhirnya digunakan terutama dengan anak-anak muda tapi lebih sering untuk lansia dengan gangguan pendengaran yang sangat berat.

Hidup Dengan Gangguan Pendengaran
Anda dapat bekerja dengan keluarga dan teman-teman untuk membangun kembali komunikasi dua arah. Sebagai permulaan, atur rumah Anda sehingga kamar Anda mudah dijangkau. Melihat wajah orang-orang ketika mereka berbicara memungkinkan Anda untuk melihat mulut bergerak serta ekspresi wajah lawan bicara Anda. Hindari kebisingan latar belakang suara; misalnya, matikan TV ketika tidak ada yang menonton. Kemudian membiarkan orang tahu beberapa hal yang bisa mereka lakukan untuk membantu Anda memahami mereka lebih baik:

  • Pastikan mereka memperhatikan Anda sebelum mereka mulai berbicara.
  • Pastikan Anda dapat melihat bibir mereka bergerak ketika mereka berbicara.
  • Berbicara dengan jelas tapi tidak berteriak.
Baca Juga:  Selulitis - Penyebab, Gejala, dan Pemeriksaan

Merawat Telinga dengan baik
Dengan begitu banyak kasus gangguan pendengaran yang tidak dapat diobati, pencegahan adalah cara yang terbaik untuk mendapatkan pendengaran yang sehat jangka panjang. Mengenakan penutup telinga bila Anda terkena suara sebagai keras atau lebih keras. Mesin pemotong rumput, vacuum cleaner, dan suara bor dan mesin-mesin berat, semuanya cukup keras untuk menyakiti telinga. Bila mungkin, menjauh dari sumber kebisingan. Jika Anda bekerja di tempat kerja yang bising, berbicara dengan atasan Anda tentang kesehatan telinga. Kesehatan dan Keamanan di tempat kerja merekomendasikan bahwa perusahaan harus membuat suatu dinding penghalang atau alat untuk melindungi pendengaran pekerja mereka. Gangguan pendengaran seringkali bersifat permanen (selamanya), sehingga pencegahan untuk telinga adalah cara paling tepat untuk melindungi indra pendengaran Anda yang paling berharga.