Pendarahan Pada BAB

Pertanyaan Konsultasi



Salam Dokter
Saya baru saja tadi mengalami pendarahan waktu BAB. Darahnya keluar setelah fesesnya dan berwarna cerah. Ini baru pertama kalinya buat saya,dan saya takut sekali kalau ada apa-apa. Saya memang mengalami gangguan pencernaan sejak kecil. Dulunya waktu kecil BAB saya lancar. Namun kemudian saya sering menahan agar tidak BAB dan sampai berhari-hari karena jijik dengan BAB.
Nah, waktu kecil itu pula saya tidak bisa BAB karena fesenya keras dan besar. Sejak saat itu saya BAB tidak lancar,kadang 3 hari sekali,kadang 4 hari sekali. Saya bingung bagaimana membuatnya kembali lancar,karena kalau saya paksa BAB,jatuhnya tambah sakit. Bagaimana kasus pendarahan ini dokter?

 

Salam

Ibu Fakih

Jawaban Konsultasi

Salam Sejahtera,
Kebiasaan menahan BAB harus dihilangkan,karena feses yang lama di dalam tubuh bersifat toksik dan dapat mengganggu kesehatan.
Karena BAB yang keras ini yang menyebabkan pembuluh darah di Sekitar anus pecah sehingga perdarahan terjadi. Anda harus banyak makan sayuran dan buah serta minum air putih agar feses tidak keras dan BaB menjadi lancar.

Salam

dr. Vanny Bernadus

Team DokterSehat.com