Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) – Pencitraan: Rontgen, Myelogram, MRI, dan CT-Scan

Pencitraan
Dokter dapat menggunakan beberapa pemeriksaan untuk mendapatkan beberapa diagnosis yang mungkin menyebabkan sakit punggung. Jika tidak ada bendera merah pada pasien, dokter tidak akan memeriksaan pemeriksaan tambahan seperti sinar-X. Karena sekitar 90% orang telah membaik dalam 30 hari sejak timbulnya nyeri punggung, kebanyakan dokter tidak akan memesan pemeriksaan seperti itu dalam evaluasi rutin nyeri punggung akut sederhana.

nyeri punggung bawah low back pain

Pemeriksaan Sinar-X umumnya tidak dianggap berguna dalam evaluasi nyeri punggung akut, terutama pada 30 hari pertama. Dengan tidak adanya bendera merah, penggunaannya tidak disarankan. Penggunaan sinar-X ditunjukkan jika ada trauma yang signifikan, trauma ringan pada mereka yang berusia lebih dari 50 tahun, orang dengan osteoporosis, dan mereka yang menggunakan steroid berkepanjangan.

Myelogram adalah studi sinar-X dimana pewarna radioopaque disuntikkan langsung ke kanal tulang belakang. Penggunaannya telah menurun secara dramatis sejak adanya pemindaian MRI. Myelogram sekarang biasanya dilakukan bersamaan dengan CT scan dan, bahkan saat itu, hanya dalam situasi khusus saat operasi sedang direncanakan.

Pemindaian Magnetic Resonance Imaging (MRI) adalah tes yang sangat rinci dan sangat mahal. Tes tersebut tidak menggunakan sinar-X namun dengan menggunakan tenaga magnet yang sangat kuat untuk menghasilkan gambar. Penggunaan MRI secara rutin tidak dianjurkan pada nyeri punggung akut kecuali ada kondisi yang mungkin memerlukan pembedahan segera, seperti dengan sindrom cauda equina atau saat ada bendera merah dan menyarankan adanya infeksi pada kanal tulang belakang, infeksi tulang, tumor, atau patah tulang.

  • MRI juga dapat dipertimbangkan setelah satu bulan gejala untuk menyingkirkan masalah mendasar yang lebih serius.
  • Bulging dari diskus dicatat sampai 40% MRI dilakukan pada orang-orang tanpa nyeri punggung. Penelitian lain menunjukkan bahwa MRI gagal mendiagnosis hingga 20% diskus yang pecah yang pada akhirnya ternyata ditemukan selama operasi.
Baca Juga:  Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) - Penanganan dan Pengobatan

CT scan adalah pemeriksaan dengan sinar-X yang mampu menghasilkan gambar cross-sectional tubuh. CT scan digunakan seperti MRI.

Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10