Ulkus Peptikum – Pencegahan

Untuk melakukan tindak lanjut dari penyakit ulkus peptikus, pasien harus mengkonsultasikan dengan dokter. Ikuti rekomendasi dari dokter Anda seperti beberapa hal berikut ini:

ulkus peptikum doktersehat

  • Perubahan gaya hidup bisa meringankan gejala dan membantu menyembuhkan ulkus peptikum. Berhenti merokok, hindari alkohol, kafein, dan hindari obat antiinflamasi aspirin dan nonsteroid.
  • Minum obat sesuai resep.
  • Tindak lanjuti seperti yang dijadwalkan dengan dokter untuk memantau kemajuan pengobatan dan kondisi Anda dan mencegah komplikasi.

Bisakah ulkus peptikum dicegah?
Ulkus peptikum dapat dicegah dengan menghindari hal-hal yang memecah pelindung lambung dan meningkatkan sekresi asam lambung. Pencegahan ini dapat meliputi mencegah meminum alkohol, merokok, mengkonsumsi aspirin, obat antiinflamasi nonsteroid, dan kafein.

Mencegah infeksi H pylori adalah dengan cara menghindari makanan dan air yang terkontaminasi dan mengikuti standar kebersihan pribadi. Cuci tangan hati-hati dengan air hangat dan sabun setiap setelah dari kamar mandi, mengganti popok, dan sebelum dan sesudah menyiapkan makanan.

Jika Anda memerlukan bantuan pereda nyeri dan perlu mengkonsumsi anti-inflamasi aspirin atau NSAID, Anda dapat mengurangi risiko ulkus peptikum Anda dengan mencoba hal berikut:

  • Coba NSAID yang berbeda, yang lebih muda diterima oleh lambung, hal ini dapat dikonsultasikan dengan dokter Anda.
  • Kurangi dosis dari minum obat.
  • Ganti obat lain, seperti paracetamol
  • Bicaralah dengan dokter Anda tentang bagaimana Anda bisa melindungi diri Anda sendiri.

Mengikuti rekomendasi dokter dapat membantu mencegah kekambuhan ulkus peptikum, termasuk mengkonsumsi semua obat seperti yang ditentukan, terutama jika Anda memiliki infeksi H pylori.

Ulkus Peptikum – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10