Pencegahan Terjadinya Asma Pada Anak

DokterSehat.Com – Asma adalah penyakit kronis yang umum dialami anak-anak. Asma dapat mempengaruhi pernapasan, diakibatkan oleh peradangan di paru-paru dan saluran pernapasan. Sebagian besar serangan asma pada anak-anak disebabkan oleh reaksi alergi, dan orang tua bisa melihat hal ini sebagai antisipasi untuk mengurangi terjadinya asma, meskipun tidak ada cara yang pasti untuk mencegahnya.

10

Berikut cara pencegahan asma pada anak :

  • Hindari hewan peliharaan di rumah
    Sebagian besar anak-anak alergi terhadap bulu hewan peliharaan, oleh sebab itu sebaiknya anda tidak memiliki hewan peliharaan di rumah. Memiliki hewan peliharaan di rumah dapat menimbulkan reaksi alergi anak anda yang pada akhirnya dapat memicu terjadinya asma.
  • Memberikan ASI eksklusif
    Menyusui melindungi bayi dari ancaman berbagai jenis infeksi. Studi menunjukkan bahwa pemberian ASI dapat membantu mencegah anak-anak untuk menderita asma. Memberikan ASI kepada anak sangat penting. Menurut sebuah lembaga di Amerika yang menyoroti permasalahan asma dan imunologi (AAAAI), infeksi paru-paru pada bayi dikaitkan dengan perkembangan asma. Mereka menyebutkan bahwa menyusui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi sehingga efektif dalam menangkal infeksi dan asma.
  • Jauhkan anak dari asap roko
    Pastikan anak anda tidak terkena paparan asap rokok atau polusi udara, karena hal ini akan memicu gejala asma pada anak. Jangan biarkan perokok merokok di dalam rumah anda, terutama jika anak anda memiliki asma. Membiarkan anak terkena paparan asap rokok dapat membuat mereka menderita penyakit asma, ataupun memicu gejala asma apabila mereka memang mengidap penyakit ini. Selain itu, risiko terkena asma pada bayi yang baru lahir akan meningkat secara signifikan apabila ibunya merokok selama kehamilan.
  • Menajaga kebersihan rumah
    Bersihkan lantai setiap hari, disapu dan dipel. Bersihkan juga karpet atau sprei kasur yang kerap kali dihinggapi debu, bisa menggunakan vakum cleaner atau alat pembersih debu lainnya. Intinya dengan tetap menjaga kebersihan dan menjauhkan anak dari hal-hal yang memicu reaksi alergi seperti debu yang kerap kali menempel di titik-titik yang sering ditempati anak seperti di kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dan sebagainya. Menjaga rumah tetap bersih akan menjauhkan anak dari alergi yang akan memicu anak untuk terkena asma.