Pertolongan Pertama – Pencegahan Kebakaran, Keracunan, dan Cedera Saat Bermain

Beberapa hal bentuk pencegahan yang dapat dilakukan agar tidak terjadi kecelakaan.

doktersehat-tips-mencegah-cedera-pertolongan-pertama-helm

Pencegahan kebakaran

  • Memasang detektor asap di rumah, dan memastikan bahwa alat tersebut bekerja.
  • Memiliki perencanaan kondisi darurat untuk rumah Anda, bahkan anak-anak perlu diberi tahu tentang perancanaan kondisi darurat tersebut.
  • Jauhkan korek api dari anak-anak.
  • Jangan merokok di tempat tidur.
  • Pastikan semua abu dingin dan tidak membara sebelum dibuang ke tempat sampah.
  • Menggunakan kompor seperlunya dan tidak meletakkan di dekat tirai atau bahan yang mudah terbakar lainnya.

Pencegahan keracunan
Obat-obatan harus disimpan jauh dari jangkauan anak-anak dan idealnya harus disimpan di tempat yang terkunci. Obat-obatan tersebut meliputi obat-obatan seperti acetaminophen (Tylenol), ibuprofen dan aspirin. Obat yang dijual bebas di apotek atau warung dapat menjadi racun jika disalahgunakan penggunaannya.

Bersihkan bahan kimia, cairan, dan deterjen dalam wadah asli mereka dan disimpan di tempat yang jauh dari jangkauan dari anak-anak. Meletakkan barang-barang tersebut di bawah wastafel bukanlah ide yang bagus, kecuali daerah tersebut selalu terkunci.

Periksa rumah untuk menyingkirkan bahan kimia apapun yang Anda tidak perlukan. Ini termasuk barang-barang di dapur, kamar, ruang cuci, garasi, dan gudang.

Pasang detektor karbon monoksida di rumah Anda untuk menghindari keracunan karbon monoksida, misalnya pada kondisi kebakaran.

Simpan nomor telepon rumah sakit atau dokter terdekat dari rumah. Jika tampak ada gejala keracunan, segera hubungi UGD setempat, dokter setempat, atau 119.

Pencegahan cedera saat bermain

  • Pakai helm ketika bermain sepeda, skuter, skateboard, dan alat bermain lainnya yang memerlukan kecepatan. Bermain dengan kecepatan memang menyenangkan tetapi harus peduli dengan keselamatan.
  • Peralatan bermain perlu senantiasa dicek keamanannya dan diperbaiki, terutama ayunan, jika ada di rumah. Ayunan adalah penyebab umum jatuh pada anak-anak. Di taman bermain publik jatuh dari memanjat struktur adalah nomor satu sumber cedera.
  • Pencegahan tenggelam. Air memang merupakan hal menarik untuk anak-anak dan orang tua. Berenang bisa menjadi sarana olahraga dan bermain yang menyenangkan. Namun, tenggelam adalah penyebab paling umum kedua kematian karena kecelakaan pada anak-anak berusia 1-14 tahun.