Influenza – Pencegahan

Pencegahan flu adalah dengan mendapatkan vaksin flu setiap tahun.

doktersehat-influenza-sinus

Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat merekomendasikan bahwa setiap 6 bulan, para lansia harus mendapatkan vaksin flu. Vaksin ini terutama penting bagi orang-orang yang berisiko tinggi masalah dari flu, termasuk:

  • Bayi dan balita
  • Dewasa usia 50 tahun ke atas.
  • Orang dewasa dan anak-anak yang memiliki masalah kesehatan jangka panjang atau sistem kekebalan tubuh menurun seperti pasien kanker, diabetes, perawatan kemoterapi.
  • Wanita yang akan hamil selama musim flu.

Vaksin flu ini juga penting bagi petugas kesehatan dan orang yang tinggal atau bekerja dengan orang yang berisiko tinggi masalah dari flu.

Vaksin biasanya mencegah sebagian besar kasus flu. Tetapi bahkan jika Anda terkena flu setelah Anda memiliki vaksin, gejala Anda akan lebih ringan dan Anda akan memiliki lebih sedikit kesempatan untuk terkena flu. Anda tidak bisa mendapatkan flu dari vaksin flu.

Beberapa virus – organisme hidup yang berukuran sangat kecil – dapat hidup di permukaan selama berjam-jam. Cuci tangan secara teratur adalah strategi terbaik untuk menjaga mereka agar tidak masuk ke dalam tubuh Anda. Dan tentu saja, jika Anda orang yang sakit, mencuci akan menjaga mencegah penyebaran kuman Anda.

Bagaimana saya harus cuci tangan saya untuk pencegahan flu?
Banyak dari kita yang begitu sibuk, kita hanya lupa untuk mencuci tangan kita dengan cara yang benar. Berikut langkahnya

  • Pertama, basahi tangan dengan air. Kemudian tambahkan sabun.
  • Gosok mereka bersama-sama dengan penuh semangat selama 20 detik. Pastikan untuk menggosok pergelangan tangan, antara jari-jari, dan di bawah kuku. Bila Anda memiliki waktu, gunakan sikat kuku, karena kuman sering bersembunyi di bawah kuku. Alangkah baiknya jika Anda senantiasa menjaga kuku tetap pendek.
  • Bilas tangan Anda secara menyeluruh dan keringkan dengan handuk kertas yang bersih atau pengering udara.
  • Jika Anda berada di toilet umum, tutup keran dengan handuk kertas. Cobalah untuk mendorong pintu terbuka dengan bahu Anda, atau menggunakan handuk kertas lain untuk memutar kenop.
Baca Juga:  Akromegali - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Berapa kali cuci tangan yang cukup untuk mencegah flu?
Anda harus mencuci tangan sering sepanjang hari. Sebagai contoh, lakukan sebelum dan setelah Anda makan, setelah menggunakan kamar mandi, setelah sekolah atau beraktivitas, dan setelah memegang daging mentah, sayuran dicuci, atau sampah.

Mencuci tangan juga dilakukan setelah batuk, bersin, membuang ingus, atau menyentuh hewan peliharaan Anda. Jika Anda menjaga anak, cuci tangan sebelum dan sesudah mengganti popok bayi dan sebelum dan setelah menyusui.

Bagaimana jika saya tidak dekat dengan tempat cuci tangan?
Berikan sanitizer berbasis alkohol untuk tangan jika wastafel tidak tersedia. Setidaknya harus mengandung 60% alkohol.

Gosok seluruh permukaan tangan Anda, jari, dan pergelangan tangan dengan sanitizer sampai kering. Anda dapat menggunakan ini sepanjang hari jika Anda tidak dekat dengan wastafel atau kamar mandi. Lanjutkan dengan scrub tangan dengan teliti ketika Anda berada di dekat wastafel untuk mencegah penumpukan sanitizer tersebut.