Influenza pada Anak – Pencegahan

Dua dari obat antivirus untuk flu yang disetujui untuk digunakan pada anak-anak. Oseltamivir (Tamiflu) direkomendasikan untuk pencegahan influenza pada anak-anak 3 bulan dan lebih tua. Zanamivir (Relenza) direkomendasikan untuk pencegahan influenza pada anak-anak usia 5 tahun dan lebih tua. Jika seorang anak terkena influenza dan di lebih tinggi dari rata-rata risiko komplikasi (lihat daftar di atas bawah Kelompok Khusus), dokter mungkin menyarankan mengambil salah satu dari obat ini sebelum gejala mulai mencoba untuk mencegah atau mengurangi keparahan flu.

doktersehat-anak-flu-pilek-sakit

Apakah ada vaksin flu untuk anak-anak?

  • Vaksinasi adalah andalan pencegahan flu. Vaksin flu diberikan setiap tahun dan dirancang paling cocok dengan strain flu yang diprediksi akan beredar selama musim flu.
  • CDC merekomendasikan bahwa setiap orang mulai dari usia 6 bulan dan lebih tua perlu menerima vaksin flu tahunan.
  • Vaksin flu untuk anak-anak tersedia dalam bentuk virus yang mati atau virus yang dilemahkan dengan cara obat semprot hidung. Vaksin dapat berupa trivalen (berisi tiga strain) atau quadrivalent (berisi empat strain).
  • Vaksin suntik dianjurkan untuk anak di atas usia 6 bulan.
  • Semprotan hidung (FluMist) adalah untuk anak-anak sehat berusia 2 tahun atau lebih tua, remaja, dan orang dewasa dengan usia 49 tahun atau lebih muda.
  • Anak-anak berusia 6 bulan sampai 8 tahun yang sedang divaksinasi untuk pertama kalinya mungkin perlu dua dosis sekitar satu bulan terpisah.
  • Anak-anak yang meminum aspirin seharusnya tidak menerima vaksin hidup.
  • Menjaga anak-anak dengan flu di rumah sementara demam berlangsung. Setelah demam hilang selama 24 jam, anak-anak dapat kembali ke sekolah dan penitipan.
  • Orang dewasa dapat menyebarkan flu kepada orang lain satu hari sebelum mereka merasa sakit hingga lima sampai tujuh hari masa penyakit. Orang dengan sistem kekebalan yang lemah atau anak-anak dapat menyebarkan virus flu bahkan lebih dari tujuh hari.
Baca Juga:  Influenza pada Anak - Pandemi dan Epidemi Flu

Apakah vaksin flu dapat mencegah flu pada anak?

  • Kemampuan vaksin flu untuk mencegah flu bervariasi dari musim ke musim, tergantung pada seberapa baik strain yang terkandung dalam vaksin sesuai strain yang beredar di masyarakat. kesehatan individu juga memainkan peran. Setiap tahun para pengembang vaksin mencoba yang terbaik untuk mencocokkan strain vaksin dengan strain yang diprediksi akan beredar saat musim flu dimulai, tapi karena flu dapat berubah atau bermutasi dengan cepat, vaksin tidak selalu sempurna.
  • Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa bahkan jika vaksinasi flu tidak cocok dan tidak sepenuhnya mencegah penyakit, mereka yang telah menerima vaksin dapat memiliki penyakit yang lebih ringan dan dengan durasi lebih pendek.
  • Sebuah studi vaksin flu pada anak-anak menunjukkan bahwa vaksinasi mengurangi risiko flu berkaitan berat yang membutuhkan perawatan di ruang rawat intensif sebesar 74%.
  • Pemberian vaksin untuk wanita hamil adalah 92% efektif dalam mencegah rawat inap bayi mereka dengan flu.

Berapa lama flu pada anak?
Pada kebanyakan anak, demam dan gejala yang paling lainnya biasanya hilang dalam lima hari atau kurang. Kadang-kadang batuk dan perasaan lemah mungkin berlangsung selama satu sampai dua minggu. Jika komplikasi seperti pneumonia berkembang, maka penyakit dapat berlangsung dua minggu atau lebih.

Apakah prognosis dari flu pada anak?
Flu pada anak sering membutuhkan beberapa minggu untuk kembali ke aktivitas normal setelah flu. Batuk bisa berlangsung selama berminggu-minggu. Obat anti-influenza yang efektif telah terbukti untuk mempersingkat durasi penyakit hingga satu sampai dua hari ketika terapi dimulai dalam waktu 48 jam dari onset gejala dan direkomendasikan bagi mereka yang memiliki risiko komplikasi influenza.